Jangan Kaget, Ini Lho Manfaat Biji Ketumbar Gak Nyangka Banget Nomor 5

Jangan Kaget, Ini Lho Manfaat Biji Ketumbar Gak Nyangka Banget Nomor 5

Biji ketumbar ternyata memiliki banyak manfaat selain sebagai bumpu--

DISWAYJATENG – Biji ketumbar memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh anda.  Biji ketumbar adalah rempah yang biasa kita gunakan untuk bumbu masakan sehari-hari.

Ketumbar bernama ilmiah Coriandrum sativum, rempah ini memiliki aroma yang menyengat. Melansir dari organic Fact, bau biji ketumbar berasal dari antioksidan dan minyak atsirinya. Yang meliputi asam linoleat, asam olat, linalool ], alpha-pinene dan terpene.

Biji ketumbar adalah rampah kaya nutrisi yang mengandung serat, antioksidan, vitamin B, C, Kalium, tembaga, magnesium, mangan, seng, zat besi dan kalsium.

Manfaat Biji Ketumbar

Berikut ini beberapa manfaat biji ketumbar bagi kesehatan tubuh anda:

1. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Bersumber dari Healthline, minyak yang ekstrak dari biji ketumbar dapat mempercepat dan meningkatkan pencernaan yang sehat. Pada suatu studi tentang manfaat ketumbar berlangsung selama delapan minggu pada 32 orang dengan sindrom iritasi usus besar.

Orang-orang tersebut kemudian mereka beri 30 tetes obat herbal yang mengandung ketumbar dan mereka minumkan tiga kali sehari. Studi itu menemukan secara signifikan bahwa ketumbar bisa mengurangi sakit perut, kembung dn ketidaknyamanan pencernaan. Hal itu jika mereka bandingkan dengan orang yang hanya mereka beri placebo.

Eksrak ketumbar berguna sebagai perangsang nafsu makan dalam pengobatan tradisional iran.

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Melansir Healthline, ketumbar memiliki beberapa antioksidan yang bisa mencegah kerusakan sel yang penyebabnya radikal bebas. Antioksidan telah terbukti untuk melawan peradangan dalam tubuh. Menurut penelitian tabung reaksi dan pada hewan menemukan senyawa antioksidan yang berpotensi memiliki antikanker, meningkatka kekebalan tubuh.

Suatu studi menyebutkan bahwa antioksidan dalam ekstrak biji ketumbar menurunkan peradangan dan memperlambat pertumbuhan sel kanker paru-paru, prostat, payudara dan usus besar.

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Beberapa penelitian pada hewan dan tabung percobaan menunjukkan manfaat bijin ketumbar bisa menurunkan factor risiko penyakit jantung. Ekstrak ketumbar dapat bertindak sebagai diuretic, yaitu membantu tubuh manusia membuang kelebihan natrium dan air. Hal ini dapat menurunkan tekanan darah. Ketumbar juga dapat membantu menurunkan kolesterol.

4. Merawat Kulit

Mengutip dari Organic Fact, bahan aktif dalam biji ketumbar dapat meningkatkan kesehatan kulit dengan menetralkan efek radikal bebas dan menurunkan tingkat stes oksidatif. Stress oksidatif dapat memicu gejala eksim, psoriasis dan rosacea. Ketumbar memiliki beberapa manfaat bagi kulit, terutma untuk meredakan ruam ringan seperti dermatitis. Studi lain mencatat, antioksidan dalam ekstrak ketumbar dapat membantu mencegah kerusakan sel yang dapat menyebabkan penuaan kulit serta kerusakan kulit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: