Inilah 8 Penyebab Komedo Bersarang di Wajah. Buruan Simak!

Inilah 8 Penyebab Komedo Bersarang di Wajah. Buruan Simak!

DISWAYJATENG.ID - Komedo memang  masalah umum bagi banyak orang di seluruh dunia. Komedo terbentuk ketika pori-pori kulit tersumbat oleh sebum (minyak alami kulit) dan sel-sel kulit mati. Dalam artikel ini saya akan mengupas lima penyebab utama mengapa komedo dapat bersarang di wajah:

  1. Produksi sebum berlebihan:

    Produksi sebum yang berlebihan oleh kelenjar minyak kulit dapat menyebabkan komedo. Fungsi sebum untuk menjaga kulit tetap lembap, tetapi jika produksinya berlebihan, dapat menyebabkan penumpukan minyak di pori-pori kulit.

  2. Kebiasaan buruk perawatan kulit:

    Kurangnya perawatan kulit yang baik dapat menyebabkan penumpukan minyak dan kotoran di wajah. Jika Anda tidak membersihkan wajah secara teratur, pori-pori kulit dapat tersumbat dan menghasilkan komedo.

  3. Penggunaan produk kosmetik berminyak:

    Beberapa produk kosmetik, seperti pelembap atau foundation berbasis minyak, dapat meningkatkan risiko komedo. Bahan-bahan berminyak dalam produk kosmetik dapat menyumbat pori-pori kulit dan menyebabkan pembentukan komedo.

  4. Peningkatan produksi sel kulit mati:

    Sel-sel kulit mati secara alami mengelupas dari permukaan kulit untuk memberi jalan bagi sel-sel kulit baru. Namun, jika produksi sel kulit mati berlebihan, mereka dapat menyumbat pori-pori kulit dan menyebabkan komedo.

  5. Faktor hormonal:

    Perubahan hormonal dalam tubuh, terutama selama masa pubertas, dapat meningkatkan produksi sebum dan menyebabkan komedo. Fluktuasi hormon juga dapat terjadi selama siklus menstruasi atau selama kehamilan, yang dapat mempengaruhi keseimbangan minyak kulit.

  6. Terlalu Sering Memegang Wajah

    Tanpa kamu sadari, kebiasaan menyentuh wajah yang kamu lakukan sehari-hari bisa menjadi penyebab komedo muncul. Kebiasaan tersebut bisa memindahkan kuman ataupun bakteri dari tangan ke wajah. Selain itu, memegang wajah akan membuat wajah yang sebelumnya sudah meradang karena jerawat akan semakin parah. 

  7. Terlalu Banyak Mengonsumsi Makanan Berlemak dan Bergula:

    Kerika kamu sering mengonsumsi makanan berlemak dan tinggi gula berperan dalam memicu munculnya bintik-bintik hitam pada pori-pori. Sisa lemak ataupun gula yang kamu konsumsi akan menjelma menjadi komedo yang timbul di kulit wajah, leher, dan bukan tak mungkin di punggung.

    Beberapa jenis makanan berlemak yang bisa memicu tumbuhnya komedo adalah cokelat, es krim, kacang tanah, karamel dan susu dan lain sebagainya. Jadi, batasi asupan makanan berlemak untuk menghindari timbulnya komedo.

  8. Alergi

    Tidak jarang alergi bisa membuat komedo tumbuh lebih banyak dari biasanya. Ada orang yang tidak masalah mengonsumsi cokelat, tetapi pada orang lain, makanan tersebut mungkin akan membuat komedo semakin subur. Jadi pastikan, kamu menjauhi makanan yang membuat komedo “muncul”.

Penting untuk diingat bahwa setiap individu dapat memiliki penyebab yang berbeda-beda untuk komedo mereka, dan faktor-faktor seperti alergi, genetika, lingkungan, dan kebiasaan perawatan kulit juga dapat berperan. Untuk mengurangi kemungkinan komedo, disarankan untuk menjaga kebersihan kulit, menggunakan produk perawatan kulit yang sesuai dengan jenis kulit kamu, menghindari penggunaan produk kosmetik berminyak, dan selalu melakukan gaya hidup sehat secara umum. Jika komedo Anda parah atau mengganggu, konsultasikan dengan dokter kulit untuk perawatan lebih lanjut. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: