Pemilik Sepeda Motor Wajib Tahu, Pertalite atau Pertamax yang Cocok untuk Kendaraan Anda

Pemilik Sepeda Motor Wajib Tahu, Pertalite atau Pertamax yang Cocok untuk Kendaraan Anda

Anda harus tahu bahan bakar mana yang lebih cocok untuk kendaraan anda--

DISWAYJATENGPertalite atau pertamax, kedua jenis bahan bakar ini sebagian orang menganggap sama saja. Keduanya sama-sama bisa anda gunakan untuk menjalankan sepeda motor anda.

Masalah pemilihan Bahan bakar Minyak (BBM) sering menjadi obrolan hangat para pengguna sepeda motor. Salah satu contohnya, yakni pertalite dan pertamax. Setiap motor sudah pabrik desain untuk mengonsumsi bahan bakar jenis tertentu. Menggunakan BBM yang tidak sesuai spesifikasi mesin jika anda lakukan terus menerus akan menimbulkan masalah pad mesin motor.

Ketika seseorang bermaksud mengisi kendaraannya dengan pertalite namun antrian sangat panjang, tak jarang mereka langsung berganti dengan mengisi pertamax. Walaupun dengan harga yang lebih tinggi, pertamax sebagian orang menganggap lebih irit dalam pemakaian.

Manakah yang Cocok Pertalite atau Petramax

Mengutip dari Honda Wahana, Pertalite adalah produk terbaru dari pertamina sebagai pengganti premium yang sudah pemerinyah jual lagi. Pertalite memiliki kandungan RON 90 serta berwarna hijau dan jernih.

Memiliki tambahan zat aditif, pertalite bis anda gunakan untuk perjalanan dengan jarak lebih jauh namun harganya lebih murah. Bahan bakar ini cocok menjadi bahan bakar konvensional kendaraan bermotor anda yang bertipe lama.

Sementara itu, pertamax merupakan produk pertamina yang memiliki oktan lebh tinggi, yaitu RON 92. Pertamax hadir sebagai pengganti premix dan super TT yang memiliki bahan MTBE atau ikatan kimia Methil tert-butyl ether yang berbahaya bagi lingkungan.

Pertamax sangat menjadi rekomendasi bagi kendaraan yang memiliki rasio kompresi 9,1 – 10,1. Khususnya kendaraan dengan teknologi terkini seperti Electronik Fuel Injection (EFI).

Karena kandungan oktan lebih tinggi jika kita bandingkan dengan pertalite, pertamax mampu menerima tekanan lebih besar pada mesin. Hasilnya, pembakaran jauh menjadi lebih optimal dri pada pertalite.

Selain itu, pertamax juga memiliki tambahan zat aditif bernama Ecosave. Zat ini bisa mencegah adanya kerak dalam mesin motor, sehingga komponen dapur pacu menjadi lebih awet.

BACA JUGA:Apa Itu Radiator dan Fungsi pada Mobil, Ini Dia Penjelasannya..

Saran jenis BBM paling cocok untuk sepeda motor setiap orang adalah pilih sesuai rekomendasi buku manual penyera produk yang pabrik berikan. Manfaatnya adlah mesin menjadi tahan lama dan awet.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: