Apa Itu Radiator dan Fungsi pada Mobil, Ini Dia Penjelasannya..

Apa Itu Radiator dan Fungsi pada Mobil, Ini Dia Penjelasannya..

Radiator sangat berperan dalam sebuah mobil--

DISWAYJATENG – Pemilik mobil harus tahu fungsi radiator serta komponennya pada kendaraan. radiator merupakan komponen penting dalam sebuah mobil. fungsi utamanya adalah sebagai komponen pendingin udara untuk menjaga suhu mesin tetap stabil.

Sistem pendingin yang baik tentunya akan menjaga suhu mobil tidak mengalami overheat meskipun dalam pembakaran.

Komponen Radiator Mobil

Radioator memiliki beberapa komponen pendukung yang berfungsi untuk memaksimalkan kinerjanya. Komponen-komponen ini sangatlah penting karena akan mengoptimalkan sistem pendinginan. Komponen tersebut antara lain:

1. Radiator cap

Komponen ini bisa juga kita sebut tutup  yang akan menutup lubang radiator. Selain itu, tutup ini juga akan mengatur tekanan dan tempat pengisian air radiator agar tidak terjadi kebocoran pada pendingin mobil.

2. Upper tank

Upper tank merupakan tempat penampungan air (coolant) yang akan membawa suhu panas setelah mengitari mesin. Upper tank terletak pada bagian atas yang bernama reservoir tank.

3. Lower tank

Lower tank adalah tempat penampung air setelah mengalami proses pendinginan yang letaknya pada bawah radiator mobil. Air yang masuk ke lower tank ini akan alirkan air lagi lewat saluran yang mengeliingi mesin untuk menyerap panas.

4. Radiator core

Ini merupakan inti yang berbentuk seperti pipa kecil yang berlubang. Fungsinya untuk menyalurkan panas dri air yang telah melewati mesin keluar mobil.

5. Sirip radiator

Sirip ini berfungsi untuk membantu inti alat ini melepas panas dari air keluar. Komponen ini berada pada tengah-tengah yang mendukung kinerja inti pndingin ini.

6. Drain plus

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: