Haji dan Umroh, Mana yang Harus Kita Dahulukan?

Haji dan Umroh, Mana yang Harus Kita Dahulukan?

Haji dan umroh memiliki persamaan dan perbedaan--

DISWAYJATENG Haji dan umroh, ibadah yang berbeda walaupun saling berkaitan satu sama lain. Banyak persamaannya, seperti syarat wajib, syarat sah, amalan – amalan sunnah hal-hal yang membatalkan serta berbagai perkara yang haram saat melakukan kedua ibadah tersebut.

Pelaksanaan haji sendiri terbagi menjadi beberapa macam, berdasarkan waktu pelaksanaannya. Hal ini karena setiap jamaah terbagi menjadi beberapa kelompok jadwal. Nah, waktu pelaksanaan inilah yang menjadi pembeda antara kedua ibadah tersebut.

Sedangkan umroh, bisa kita tunaikan kapan saja tanpa ikatan waktu. Berbeda dengan ibadah haji yang harus anda kerjakan pada bulan haji yakni Zulhijah.

Mengenai pelaksananannya, ibdah umroh bisa anda kerjakan terlebih dahulu baru haji, kemudian ada yang mengerjakan haji dahulu.

Bahkan ada yang meniatkan haji bersamaan dengan umroh sekaligus. Tak ada ketentuan yang mewajibkan bila pelaksanaan ibadah haji harus kita sandingkan dengan ibadah umroh.

Untuk lebih jelasnya, simak pengertian kedua ibadah ini seperti yang kami himpun dari berbagai sumber :

Pebedaan Haji dan Umroh

  1. Pengertian Haji

Haji, secara bahasa pengertiannya adalah menyengaja atau bermaksud melakukan sesuatu. Kemudian mengutip dari NU Online, secara istilah haji adalah menyengaja berkunjung ke Baitullah atau ke Tanah suci Mekkah untuk melakukan ibadah pada waktu dan cara tertentu serta melakukan dengan tertib.

Haji merupakan rukun islam kelima, serta ibadah yang merupakan serapan dari syariat para nabi terdahulu.

Pada sisi lain, haji bisa juga mengandung arti sebagai bentuk ziarah Islam tahuna ke Mekkah. Hal ini merupakan kewajiban bagi umat Islam dan harus kita lakukan bila mampu.

Setidaknya tunaikan sekali seumur hidup oleh semua orang muslim dewasa, yang secara fisik dan finansial mampu.

 BACA JUGA:Penderita Stroke Hindari Makanan Ini! Perhatikan Nomor 3

  1. Pengertian Umroh

Secara bahasa, umroh bisa berarti berziarah ke tempat ramai atau berpenghuni. Sedangkan menurut istilah, umroh adalah menyengaja menuju Ka’bah untuk melaksnakan ibadah tertentu.

Dalam syariat Islam, umroh adalah berkunjung ke Baitullah dengan tujuan untuk mendekatkan  kepada Sang Khalik yakni Allah SWT dengan memenuhi seluruh syarat-syaratnya serta waktu tidak agama tentukan seperti pada ibadah haji.

Haji ataupun umroh adalah dua hal yang saling berkaitan. Keduanya memiliki banyak persamaan termasuk pelaksanaan syarat wajib, syarat sah, kesunnahan, beragam hal yang membatalkan dan perkara yang haram saat melakukan kedua ibadah tersebut.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: