Penderita Stroke Hindari Makanan Ini! Perhatikan Nomor 3

Penderita Stroke Hindari Makanan Ini! Perhatikan Nomor 3

Makanan yang baik dapat mengurangi risiko stroke--

DISWAYJATENG – Penderita stroke hindari makanan ini. selain mengetahui makanan apa saja yang baik bagi penderita ini, anda juga perlu tahu makanan yang harus kita hindari.

Mengutip dari Lifepack.id, beberapa jenis makanan dan minuman yang sebaiknya penderita stroke hindari antara lain :

  1. Makanan yang mengandung garam dan gula yang tinggi

Bagi para penderita stroke yang selama ini gemar makanan manis atau asin, sebaiknya mulai mengurangi konsumsi dua jenis makanan tersebut. Makanan manis yang mengandung gula tinggi dapat mengiritasi pembuluh darah sehingga menyebabkan tekanan darah tinggi dan memicu kondisi diabetes tipe 2 yang dapat meningkatkan  risiko .

Begitu juga dengan makanan asin yang mengandung garam tinggi, kandungan natrium dapat menyebabkan tekanan darah tinggi hingga meningkatkan risiko stroke. Untuk itu sebaiknya batasi konsumsi garam dalam masakan sehari-hari.

  1. Makanan Olahan

Salah satu makanan yang menjadi pantangan bagi penyakit ini adalah makanan olahan. Makanan olahan dalam kemasan terdiri dar makanan instan, daging kemasan serta camilan kemasan siap makan.

Makanan olahan ini mengandung kandungan natrium nitrat dan nitrit yang dapat mengiritasi pembuluh darah dn mengeras. Akibatnya aliran darah akan terhambat sehingga menyebabkan penyakit jantung dan meningkatkan risiko stroke.

BACA JUGA:Penderita Stroke Harus Banyak Makan Ini

  1. Makanan mengandung lemak trans dan lemak jenuh

Lemak trans dan lemak jenuh adalah jenis lemak yang sebaiknya anda hindari baik oleh orang sehat maupun penderita stroke.

Jenis lemak ini dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam darah yang menyebabkan penumpukan lemak pada pembuluh darah. Apabila penumpukan lemak tidak anda kendalikan, dapat menghambat aliran darah ke jantung dan otak sehingga meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Beberapa jenis makanan yang mengandung lemak trans antara lain biscuit, gorengan, margarin, donat dan makanan ringan dalam kemasan. Sedangkan makanan yang mengandung lemak jenuh antara lain daging merah, daging unggas mentega, keju dan es krim.

  1. Minuman Berakohol

Minuman berakohol termasuk salah satu pantangan bagi penderita stroke. Alkoho dapat mempersempit pembuluh darah sehingga meningkatkan tekanan darah yang menjadi salah satu factor risiko stroke.

Selainitu alcohol juga mengandung kalori sangat tinggi sehingga banyak konsumsi minuman berakohol dapar memicu obesitas yang juga merupakan factor risiko stroke.

Demikian informasi seputar makanan penderita stroke. Karena tergolong ke dalam obat keras, obat-obatan stroke hanya bisa anda dapatkan melalui konsultasi dokter dengan obat resep.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: