Penderita Stroke Harus Banyak Makan Ini

Penderita Stroke Harus Banyak Makan Ini

Penderita stroke harus banyak konsumsi sayuran--

DISWAYJATENG – Penderita stroke harus banyak konsumsi makanan ini. Sebelum kita jelaskan makanan apa saja yang sebaiknya bagi para penderita stroke, kita uraikan  dulu apa itu stroke.

Stroke merupakan kondisi terganggunya aliran darah ke otak yang merupakan akibat adanya penyumbatan atau pecahnya pembuluh darah.

Penyumbatan pembuluh darah karena tumpukan lemak pada pembuluh darah sehingga menghambat aliran darah.

Bagi orang yang baru saja mengalami stroke, pola makan dan gaya hidup perlu anda perhatikan untuk mempercepat pemulihan dan mengurangi risiko kambuh.

Lalu makanan apa saja yang menjadi rekomendasi bagi penderita stroke? Simak penjelasannya berikut ini.

Beberapa jenis makanan yang menjadi anjuran untuk penderita stroke antara lain :

  1. Sayuran

Sayuran merupakan salah satu menu makan sehat untuk stroke. Mengandung sumber serat tinggi, rendah kalori dan kaya akan vitamin dan mineral. Beberapa sayuran yang menjadi rekomendasi  adalah sayuran berdaun hijau seperti bayam lalu paprika, asparagus kemudian wortel serta sayuran tak bertepung lainnya.

Dalam mengonsumsi sayuran, anda dapat mengonsumsinya sebagai sayur mentah seperti dalam salad atau anda masak serta anda tumis.

 

Jika mengonsumsi sayuran dalam salad, pastikan topping dan seasoning yang anda gunakan dalam salad adalah yang tidak mengandung lemak tinggi. Anda bisa menggunakan minyak zaitun atau cuka apel dan kacang-kacangan supaya salad menjadi sehat dan lezat.

  1. Buah – buahan

Selain sayuran, buah-buahan juga termasuk menu makanan sehat untuk penderita stroke. Seperti jeruk  kemudian pir, apel lalu  melon, pisang dan semangka menjadi buah yang rekomendasi bagi penderita stroke.

Konsumsi sayuran dan buah-buahan segar dapat menurunkan risiko stroke hingga 11 persen.

  1. Protein

Dalam mengonsumsi protein, penyintas stroke kami anjurkan untuk makan makanan yang mengandung kadar lemak rendah. Protein yang bagus antara lain ikan salmon atau ikan berlemak lain yang mengandung asam lemak omega-3 seperti tuna kemudian mackerel.

Asam lemak omega-3 memiliki khasiat mengendalikan tekanan darah dan menurunkan tekanan kolesterol sehingga mengurangi risiko kambuh dan mencegah terjadinya stroke akibat penggumpalan darah.

  1. Biji-bijian utuh

Biji-bijian utuh seperti oatmeal, quinoa, jagungdan olahan gandum memiliki kandungan gizi yang baik untuk penderita stroke. Makanan yang berasal dari biji-bijian mengandung serat tinggi, vitamin B, magnesium dan zat besi yang baik untuk menjaga kesehatan jantung.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: