Sebanyak 390 Penyandang Disabilitas di Kabupaten Tegal Dapat Bantuan

Sebanyak 390 Penyandang Disabilitas di Kabupaten Tegal Dapat Bantuan

BANTUAN - Plt Kepala Dinsos Kabupaten Tegal menyerahkan bantuan. Foto : Yeri Noveli/Radar Slawi --

SLAWI (DiswayJateng)- Sebanyak 390 orang penyandang disabilitas di Kabupaten Tegal mendapatkan bantuan dari Kementerian Sosial (Kemensos) melalui Sentra Terpadu Kartini Temanggung. Penyerahan bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial (Atensi) itu dipusatkan di Rumah Singgah Tregginas Pangkah, Kabupaten Tegal, Senin (13/3).

 

Kepala Sentra Terpadu Kartini Temanggung, Iyan Kusmadiana mengatakan, total nominal bantuan itu lebih dari Rp 260 juta. Bantuannya berupa kewirausahaan dan aksesibilitas bagi disabilitas, dan pemenuhan hidup layak bagi lansia, anak serta kelompok rentan.

 

"Bagi penyandang disabilitas juga kami serahkan bantuan berupa Alat Bantu Dengar (ABD), kursi roda dan kewirausahaan," kata Iyan.

 

Plt Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Tegal, Nurhayati mengatakan, jumlah penyandang disabilitas di Kabupaten Tegal sebanyak 12.881 orang. Usia mereka beragam. Mulai dari anak-anak, remaja hingga dewasa dan orang tua. 

 

Dari jumlah tersebut, penyandang disabilitas yang terverifikasi melalui Difabel Slawi Mandiri (DSM) sekitar 9700 orang. 

 

"Sebenarnya masih banyak yang membutuhkan bantuan untuk mereka. Seperti kursi roda, alat bantu dengar, kruk dan lainnya," kata Nurhayati yang mengaku per hari ini, pihaknya sudah tidak menjabat sebagai Plt Kepala Dinsos karena sudah ada penggantinya yakni Iwan Kurniawan.

 

Menurut Nurhayati, kendati masih banyak yang membutuhkan bantuan, tapi pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Kemensos yang telah merealisasi usulan proposal ihwal bantuan tersebut.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: