Status Masih Siaga, Ganjar Pimpin Doa Tokoh Lintas Agama untuk Warga Sekitar Merapi

Status Masih Siaga, Ganjar Pimpin Doa Tokoh Lintas Agama untuk Warga Sekitar Merapi

SAMBUTAN - Gubernur Jateng Ganjar Pranowo memberikan sambutan.--

 

Ganjar mengatakan, status Gunung Merapi hingga Minggu (12/3/2023) sore masih pada tingkat siaga. Meski demikian pemantauan terus dilakukan untuk mengantisipasi adanya peningkatan aktivitas erupsi. 

 

Sementara itu, ketahanan dan kewaspadaan masyarakat di sekitar Gunung Merapi juga cukup bagus sehingga proses pemantauan dapat dilakukan dengan baik.

 

"Semua masih siaga tapi kita memantau terus-menerus. Sejak kemarin saya mendapatkan informasi terus-menerus dan alhamdulilah masyarakat dari sisi resilient-nya bagus di sana. Namun demikian kita siaga," ungkapnya.

 

Selain itu, berbagai persiapan juga sudah dilakukan sejak erupsi terjadi. Tim tanggap bencana yang terdiri dari BPBD, SAR, hingga relawan langsung diterjunkan ke titik-titik yang terdampak erupsi. Begitu juga dengan kesiapan logistik dan tempat pengungsian.

 

"Logistik, masker disiapkan, terus kemudian tempat-tempat pengungsian disiapkan meskipun belum ada yang mengungsi sambil terus kami memantau data. Maka urusan dari para volkanolog, dari Badan Geologi, BMKG BPBD, Pemda, ya semuanya siaplah," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: