Magenta Market Day, Bazar Fakultas Psikologi UNDIP, Latih Mahasiswa Jadi Entrepreneur Global

Magenta Market Day, Bazar Fakultas Psikologi UNDIP, Latih Mahasiswa Jadi Entrepreneur Global

--

Semarang (DiswayJateng) - Untuk membentuk lulusan dengan kompetensi global dan memiliki jiwa entrepreneur sejak dini, Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro (Undip) menyelenggarakan Expo Kewirausahaan bernama Magenta Market Day bertajuk“Be a Global Entrepreneur with Psychological Character”
 
Acara ini merupakan inisiasi dari tim dosen Kewirausahaan dan BEM Fakultas Psikologi Undip dengan menggandeng alumni yang mahir di bidang entrepreneurship. Expo Kewirausahaan yang berisi bazar, stand makanan dan pertunjukan seni ini diramaikan dengan inovasi produk oleh mahasiswa Psikologi semester 5 yang mengikuti mata kuliah Kewirausahaan.
 
Dekan Fakultas Psikologi Undip, Prof. Dian Ratna Sawitri, S.Psi., M.Si., Ph.D secara resmi membuka acara Magenta Market Day secara simbolis dengan pemotongan pita. “Semangat untuk adik-adik mahasiswa. Dengan mengundang Mas Firman, S.Psi., M.M., entrepreneur muda alumni Psikologi Undip angkatan 1999, semoga mengeratkan kolaborasi antara alumni dan Fakultas Psikologi, serta membina adik-adik semua untuk terjun di dunia entrepreneurship,” tutur Prof. Dian dalam sambutannya.
 
Penyelenggaraan bazar Magenta Market Day dari mahasiswa dipandu oleh tim dosen Kewirausahaan Fakultas Psikologi Undip beranggotakan Endah Mujiasih, S.Psi., M.Si, Imam Setyawan, S.Psi., M.Si, Dwi Hardani Oktawirawan, S.Psi., M.Si. Ketua tim dosen Kewirausahaan, Endah Mujiasih, S.Psi., M.Si menyampaikan bahwa acara ini digelar untuk mengasah kemampuan mahasiswa dalam eksplorasi marketing, produk, peluang, inovasi serta kreativitas.
 
“Nantinya akan dipilih 10 pemenang dan setiap tim yang menang akan mendapat insentif sejumlah Rp. 5000.000,- kemudian akan maju untuk PKM-K. Penilaiannya mulai dari proposal, promosi di media sosial, penjualan produk, serta relevansi produknya dengan psikologi,” ungkap Endah Mujiasih, S.Psi., M.Si.
 
Produk yang dijual pun beragam, mulai dari makanan dan minuman, pakaian, healing journal, lilin aromaterapi, hingga aplikasi dan website. Magenta Market Day telah rutin diselenggarakan oleh Fakultas Psikologi Undip sejak 5 tahun yang lalu namun sempat terhenti karena pandemi, dan baru diadakan kembali pada tahun 2022 ini.
 
Dekan Fakultas Psikologi Undip menjelaskan, Fakultas Psikologi memiliki misi memperkenalkan mahasiswa ke Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI) sejak dini. Dimulai dengan mata kuliah Pengembangan Diri dan Karir di semester 1, kemudian diajarkan tentang personal branding serta mengenal mata pencaharian yang memiliki prospek dan sesuai dengan minat dan bakat mahasiswa.
 
“Mengenalkan mereka dengan banyak pilihan sejak semester awal, diharapkan di semester akhir nanti pilihan mereka dapat mengerucut dan lebih disesuaikan dengan passion dan modal yang mereka miliki saat ini. Hal ini juga sebagai usaha mencapai IKU PTN yang pertama yakni lulusan mendapatkan pekerjaan yang layak. Sehingga setelah lulus, entah bekerja sebagai pegawai maupun menjadi entrepreneur,  diharapkan lulusan Psikologi Undip dapat sukses berkarir di bidangnya,” kata Prof. Dian.(*)
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: