40 Pustakawan UNDIP Lulus Sertifikasi Kompetensi Pustakawan

40 Pustakawan UNDIP Lulus Sertifikasi Kompetensi Pustakawan

--

Semarang (DiswayJateng)  - Sebanyak 40 Pustakawan UNDIP dinyatakan lulus kompetensi pustakawan. Uji kompetensi dan penyerahan sertifikat digelar UPT (Unit Pelaksana Teknis) Perpustakaan dan Undip Press Universitas Diponegoro (Undip),  Jumat (4/11),  di Ruang Pertemuan Lantai 1 (satu) UPT Perpustakaan dan Undip Press.
 
 
Acara dihadiri Wakil Rektor bidang Komunikasi dan Bisnis, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Undip, Kepala Biro Komunikasi dan Bisnis, Kepala Biro Umum dan Keuangan, Kepala UPT Perpustakaan dan Undip Press, Perwakilan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) bidang pustakawan, Manager dan Supervisor di lingkungan Undip, dan peserta asesmen bidang pustakawan.
 
 
Acara penyerahan sertifikat kompetensi ini berdasarkan Surat Keputusan Ketua Lembaga Sertifikat Profesi Pustawakan Nomor 45 Tahun 2022 tentang Penetapan Hasil Asesmen Kompetensi di TUK UPT Perpustakaan dan Undip Press.
 
Penyerahan sertifikat oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) bidang pustakawan yang diwakili oleh Asesor, Dra. Yuniwati BYPMMYRR, S.Sos., M.Si kepada Kepala BPSDM Undip Prof. Mochamad Arief Budiharjo, S.T., M.Eng.Sc, Ph.D., IPM.
 
 
Wakil Rektor bidang Komunikasi dan Bisnis Prof. Budi Setiyono, S.Sos., M.Pol.Admin., Ph.D. memberikan selamat kepada peserta yang berhasil lulus dalam proses asesmen kompetensi pustakawan.
 
 "Kami atas nama pimpinan Universitas mengucapkan selamat atas capaian ini. Semoga sertifikat itu dapat meningkatkan kemampuan, kredibilitas, integritas, dan juga skill bapak ibu selaku pustakawan atau selaku pemegang sertifikat pustakawan." ungkap Prof. Budi.
 
 
Dengan diterimanya sertifikat pustakawan tersebut, Prof. Budi berharap peserta dapat semakin baik dalam melakukan pelayanan sehingga dapat mengakselerasi kinerja Undip.
 
 "Harapan kami setelah bapak ibu menerima sertifikat tersebut cara berpikir dan bertindak dalam melayani harus lebih baik dibandingkan dengan sebelumnya. Ini akan mengakselerasi kinerja Undip dalam melayani dengan baik kepada customer, yakni mahasiswa, dosen, dan juga masyarakat umum" jelasnya.
 
 
Kepala BPSDM Undip Prof. Mochamad Arief Budiharjo, S.T., M.Eng.Sc, Ph.D., IPM. dalam laporannya menjelaskan, terdapat 40 peserta yang mengikuti asesmen dan seluruhnya lulus sertifikasi kompetensi pustakawan. "Kegiatan sertifikasi diikuti sebanyak 40 orang peserta dan Alhamdulillah semuanya lulus. Kami pastikan mereka benar-benar berkompeten di bidangnya masing-masing." jelas Prof. Arief.
 
 
Sebanyak 40 peserta tersebut merupakan Tenaga Kependidikan yang berasal dari seluruh Fakultas dan Sekolah di lingkungan Undip, dan terbagi menjadi beberapa kompetensi meliputi Pelaksanaan Pengembangan, Koleksi Perpustakaan 6 orang, Layanan Dasar Perpustakaan 19 orang, Pelaksanaan Promosi Layanan Perpustakaan 4 orang, Pelaksanaan Pengkatalogan Berbasis Komputer 4 orang, dan Pelaksanaan Pengkatalogan Subjek 7 orang.
 
 
"Saat ini Undip sudah memiliki keempat klaster tersebut, jadi sudah cukup lengkap dan siap untuk menuju akreditasi perpustakaan. Kita dorong untuk akreditasi perpustakaan dan dengan empat klaster yang telah dimiliki ini saya kira hasil yang maksimal bisa tercapai." pungkas Prof. Arief.(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: