TK Negeri Pembina Kota Tegal Adakan Pawai Sepeda Hias dan Tasyakuran

TK Negeri Pembina Kota Tegal Adakan Pawai Sepeda Hias dan Tasyakuran

PAWAI-Guru dan murid sedang mengikuti pawai pawai sepeda hias untuk pembentukan profil pelajar pancasila, kemarin.--

TEGAL(DiswayJateng) - Untuk penguatan profil pelajar Pancasila, TK Negeri Pembina Kota Tegal mengadakan pawai sepeda hias dan tasyakuran peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia. Pawai tersebut diikuti peserta didik dengan mengunakan sepeda hias dan pakaian merah putih. Hal itu sebagai pengembangan profil pelajar Pancasila yang menjadi salah satu komponen utama dalam implementasi kurikulum merdeka dan di jabarkan pada enam dimensi.

 

"Dimensi tersebut dijabarkan menjadi elemen dan sub elemen yang diatur dalam Kepmendikbudristek No.56/M/2022 dan kemudian diperbaharui dalam Kepmendikbudristek no.262/M/2022. Ada beberapa tema yang sudah di tentukan di dalamnya,salah satunya, Aku Cinta Indonesia," kata Kepala TK Negeri Pembina Kota Tegal Endang Cahyaningsih, Senin (22/8).

 

Dan tema tersebut diambil, karena bertepatan dengan HUT RI ke 77. Adapun rangkaian kegiatan sebelum nya adalah lomba di tiap tiap kelas dan menghias sekolah oleh orang tua murid. Pawai sepeda hias di ikuti oleh anak anak kelompok bermain A , kelompok B didampingi orang tua. Dan rute yang dilewati yaitu Jalan Merpati, Rajawali, Garuda, Jalak Timur, dan kembali ke sekolah.

 

"Dilanjutkan dengan potong tumpeng yang dilakukan pengawas sekolah yaitu Sri margiyanti," ujar Endang.

 

Setelah itu, dilanjutkan pembagian hadiah lomba ,doorprize dan makan bersama. Projek pelajar pancasila ini sudah mencakup enam dimensi yang terdapat pada Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, antara lain Berakhlak mulia, Berkebinekaan global, Bergotong royong, Mandiri, Bernalar kritis dan Kreatif.

 

"Sedangkan capaian pembelajaran bisa diambil dari elemen dan sub elemen yang ada di dalam Dimensi tersebut," pungkasnya.(mei/gun)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: