Catat! PDAM Kabupaten Tegal Gandeng Pemalang, Kembangkan Jaringan Pantura

Catat! PDAM Kabupaten Tegal Gandeng Pemalang, Kembangkan Jaringan Pantura

Bupati Tegal Umi Azizah didampingi Sekda sekaligus Ketua Dewan penasehat menandatangani kerjasama berama Bupati Pemalang, kemarin.-Hermas Purwadi-jateng.disway.id

SLAWI (Disway Jateng) - Keseriusan Perumda Air Minum Tirta Ayu Kabupaten Tegal untuk mengembangkan jaringan perpipaan diwilayah Pantura menuai babak baru. Kali ini Bupati Tegal Umi Azizah melakukan penandatanganan kerjasama dengan Bupati Pemalang, Mukti Agung Wibowo diruang rapat bupati , Selasa ( 2/8) kemarin.

 

Didampingi sekda dr Widodo Joko  Mulyono , MKes  yang juga ketua Dewan Penasehat Perumda Air Minum Tirta Ayu, MoU dua daerah ini  dilakukan dalam hal pemenuhan air bersih untuk masyarakat kabupaten Tegal dan Pemalang.

 

Direktur Utama Perumda Air Minum Tirta Ayu Kabupaten Tegal, Brahmono Weko Pujiono ST. M.Eng didampingi Direktur Operasional , Edy Sofyan menyatakan pihaknya akan segera menindaklanjuti MoU ini dengan perjanjian kerjasama yang lebih mengatur tentang hal - hal yang lebih tehnis.

 

" Untuk merealisasi hal tersebut, kami didukung dana dari pusat. Sesuai dengan  Perpres nomor 79, tahun 2019 tentang percepatan pembangunan infrastruktur di kawasan Bregasmalang, untuk penyediaan SPAM perkotaan kita mendapatkan alokasi dana sekitar Rp 300 millar," ujarnya.

 

Pengembangan jalur perpipaan kawasan pantura dengan mengandalkan suplay air dari tuk Jambe Pemalang itu nantinya akan difokuskan untuk penyampungan saluran rumah di Kecamatan Surodadi dan Warureja.

 

" Dari kalkulasi perhitungan kami, nantinya bisa diwujudkan sekitar 6.700 sambungan rumah di dua kecamatan tersebut. Untuk persiapan masa kontruksi dijadwalkan bisa dimulai ditahun  2023 dan proyek bisa kelar secara paripurna ditahun 2024," cetusnya.

 

Keduanya mengakui sampai tahun ini jumlah pelanggan Perumda Tirta Ayu sudah mencsapai 49.300. Pihaknya berharap dari jajak ulang kerjasama yang sempat dilakukan Pemkab Tegal dan Pemkab Pemalang selama kurang lebih 3 kali pertemuan tersebut bisa menghasilkan hasil yang maksimal. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jateng.disway.id