Catat! Tujuh Hewan Kurban di Magelang Terkena Cacing Hati, Daerah Mana Saa ?

Catat! Tujuh Hewan Kurban di Magelang Terkena Cacing Hati, Daerah Mana Saa ?

KURBAN. Hewan Kurban yang sehat bebas dari penyakit, termasuk tidak mengandung Cacing Hati--magelangekspres.com

MAGELANG (Disway Jateng) – Hasil pemantauan dan pengecekan yang dilakukan petugas  Dinas Peternakan Kabupaten Megelang, selama kegiatan pemotongan hewan kurban Idhul Adha 143 H/2022 ditemukan tujuh hewan kurban terkena cacing hati atau cacing pita.

 

Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Magelang, , Joni Indarto mengatakan, hasil pemantauan tim ditemukan hewan kurban yang terkena cacing hati atau cacing pita.

 

“Ada beberapa ditemukan cacing hati, yaitu di Kecamatan Grabag ada dua ekor, Kecamatan Muntilan ada satu ekor, Kecamatan Mertoyudan ada satu ekor, dan Kecamatan Secang ada tiga ekor, Jadi semuanya tujuh ekor,” ucap Joni Indarto.

 

Menurut Joni, cacing Pita tersebut ditemukan pada ternak yang sudah disembelih, yang tersebar di beberapa kecamatan tersebut.

 

Pihaknya juga memberikan edukasi terkait penanganan hewan ternak yang terdapat Cacing Hati, agar tetap aman untuk dikosumsi.

 

“Masyarakat kita edukasi, bagian hati yang ada cacingnya dimusnahkan dengan cara dibakar dan dikubur. Adapun bagian hewan yang bagus masih bisa dikonsumsi. Untuk pencegahan dan pengobatan pada ternak hidup dengan pemberian obat cacing tiga bulan sekali, atau enam bulan sekali,” papar Joni.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelangekspres.com