Sembelih Sapi Sumbangan Jokowi, Panitia Kurban Kewalahan

Sembelih Sapi Sumbangan Jokowi, Panitia Kurban Kewalahan

BESAR: Tim Jagal Masih Agung Surakarta akan menyembelih sapi jenis limosin sumbangan Presiden Joko Widodo. (M. IHSAN/RADAR SOLO--

SOLO(DiswayJateng) - Panitia penyembelihan hewan kurban di Masjid Agung Surakarta bersiap melakukan prosesi penyembelihan. Prokes ketat tetap diterapkan. Mulai dari waktu penyembelihan hingga penyaluran daging kurban pada masyarakat.

 

Dari sekian hewan kurban yang disembelih, sapi berjenis limosin sumbangan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang paling berat. Sapi jantan yang dikirim dari Ungaran, Jawa Tengah itu berbobot 1.010 kilogram. Butuh penanganan khusus dari delapan orang tim jagal setempat, sebelum bisa disembelih dengan lancar.

 

Walau sempat meronta dan menendang, upaya 20 menit proses penyembelihan sapi itu akhirnya berjalan dengan lancar.

 

“Tahun ini ada 15 kambing dan tujuh sapi yang disembelih. termasuk sapi dari Pak Jokowi. Kami pastikan semua hewan kurban di Masjid Agung sehat semua dan bebas wabah PMK,” ungkap Ketua Takmir Masjid Agung Surakarta Muhtarom, Minggu (10/7).

 

 

Usai menyembelih seluruh hewan kurban, panitia mulai membagikan potongan daging dalam ratusan kantong untuk kemudian dibagikan kepada warga. Proses pembagian hewan kurban pada tahun ini masih tetap mengutamakan protokol kesehatan. Oleh sebab itu tak ada antrean warga dengan kupon, mengingat daging kurban yang sudah dibungkus bakal dikirim ke rumah-rumah warga yang ada di sekitar Masjid Agung.

 

“Pembagian daging akan menggunakan sistem distribusi dengan mengantarkan daging kurban langsung kepada warga, khususnya yang ada di wilayah Kelurahan Kauman. Semua daging diantarkan ke rumah, termasuk untuk sebagian abdi dalem Keraton Kasunanan Surakarta. Daging kurban juga kami antarkan,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarsolo.co.id