DPRD Kabupaten Tegal Bentuk Pansus Tatib dan Kode Etik

Minggu 20-10-2024,13:04 WIB
Reporter : Yeri Noveli
Editor : Rochman Gunawan

SLAWI,jateng.disway.id - DPRD Kabupaten Tegal bakal membentuk Panitia Khusus (Pansus) tata tertib dan kode etik serta tata beracara. Pansus ini akan dibentuk secepatnya mengingat tahun 2024 ini akan segera berakhir.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tegal, Agus Solichin mengatakan pansus ini beranggotakan dari tim penyusun tatib dan kode etik tata beracara. 

"Saat ini, mereka hanya tim penyusun. Tapi dalam waktu dekat, mereka akan dijadikan Pansus," kata Agus Solichin, Minggu (20/10/2024).

Menurutnya, setelah Pansus ini terbentuk, tatib dan kode etik yang sudah dibahas sejak pertengahan Oktober 2024 lalu akan segera disepakati.

BACA JUGA:Setelah Dilantik, Ketua DPRD Kabupaten Tegal Bilang Begini

BACA JUGA:Pimpinan DPRD Kabupaten Tegal Dilantik, AKD segera Dibentuk

"Kalau sudah disepakati, nanti baru membentuk Alat Kelengkapan DPRD (AKD)," kata Ketua DPD Golkar Kabupaten Tegal ini.

Dia menjelaskan, AKD yang akan dibentuk yakni, pimpinan komisi, Badan Musyawarah (Bamus), Badan Kehormatan (BK) dan Badan Pembentukan Perda (Bapemperda).

"Maksimal satu minggu ke depan harus sudah terbentuk," cetusnya.

Ketua Tim Penyusun Kode Etik dan Tata Beracara, Catur Buana Zanbika mengatakan, tim ini terdiri dari 15 anggota DPRD Kabupaten Tegal. Mereka merupakan perwakilan dari sejumlah fraksi di DPRD.

BACA JUGA:Pembahasan Kode Etik Anggota DPRD Kabupaten Tegal Belum Disepakati

BACA JUGA:DPRD Kabupaten Tegal Desak Normalisasi Sungai Jembangan di Adiwerna Dilanjutkan

"Untuk pembahasan sudah selesai, tapi belum disepakati," kata Catur Buana dari Fraksi PKB.

Menurutnya, selama pembahasan, ada beberapa poin di tiap pasal yang dikurangi dan ditambah. Saat ini, pihaknya masih menunggu intruksi dari Pimpinan DPRD.

Kategori :