Dukung Inovasi BerAKSI, Disdukcapil Kota Tegal Gandeng Radar Tegal

Sabtu 19-10-2024,07:03 WIB
Reporter : Meiwan Dani Ristanto
Editor : Rochman Gunawan

TEGAL, jateng.disway.id - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tegal mengandeng Radar Tegal untuk mendukung Inovasi BerAKSI. Selain itu, kemitraan dan kerjasama publikasi yang selama ini berjalan akan terus dilakukan. Penandatangan kerja sama tersebut dilakukan Kepala Disdukcapil Zainal Ali Mukti dan GM Radar Tegal M Sekhun di kantor Radar Tegal.

"Kami mengandeng Radar Tegal untuk publikasi kegiatan dan inovasi. Kemitraan yang sudah berjalan akan terus dilakukan," kata Kepala Disdukcapil Zainal Ali Mukti.

Kepala Disdukcapil Kota Tegal Zainal Ali Mukti mengungkapkan, saat ini Disdukcapil sedang memaksimalkan inovasi melalui Berorientasi, Aktif, Sinergis dan Inovatif (BerAKSI). Inovasi BerAKSI memiliki arti  Berorientasi Aktif yaitu Disdukcapil secara proaktif menjangkau masyarakat dalal hal melakukan administrasi kependudukan.

Termasuk dalam memberikan sosialisasi tentang pentingnya pencatatan yang akurat dan cepat. Hal ini juga termasuk layanan jemput bola, dimana petugas mendatangi masyarakat yang kesulitan ke kantor Disdukcapil. Kemudian sinergis yang merupakan kolaborasi antara berbagai pihak, baik internal maupun eksternal, seperti instasi pemerintah lainya, masyarakat dan lembaga swasta. 

BACA JUGA:Disdukcapil Kota Tegal Luncurkan Inovasi BerAKSI

BACA JUGA:Jelang Pilkada Serentak 2024, Disdukcapil Kota Tegal Gencarkan Perekaman KTP-el Pemilih Pemula

Sinergi ini bertujuan menciptakan sistem kependudukan yang terintegrasi, meminimalisir data yang tidak valid dan meningkatkan kepercayaan kepada masyarakat. Sedangkan inovatif mengadopsi teknologi yang terbaru dalam layanan kependudukan, seperti sistem pelayanan online, layanan berbasis mobile, serta penggunaan data terpusat dan terintegrasi untuk mempercepat proses pelayanan.

"Dengan adanya kerja sama tersebut, maka publikasi yang dilakukan ke depan akan semakin meningkat," ungkapnya.

Sementara itu, GM Radar Tegal M Sekhun mengucapkan terima kasih atas kepercayaan selama ini untuk Radar Tegal. Sehingga publikasi selama ini telah berjalan dengan maksimal. Sehingga ke depan kemitraan ini akan terus berlanjut.

"Terima kasih, semoga kemitraan ini akan terus berlanjut," pungkasnya.

Kategori :