10 Fitur Tersembunyi WhatsApp yang Menarik

Minggu 20-10-2024,15:00 WIB
Reporter : Alisa Septiana Zulfa
Editor : Rochman Gunawan

7. Pesan yang Menghilang

Fitur tersembunyi WhatsApp ini berguna untuk mengirim pesan yang bersifat rahasia.  Dengan fitur pesan yang menghilang, kolom chat yang Anda pilih dapat terhapus secara otomatis sesuai dengan waktu yang Anda tentukan.

Durasi yang tersedia adalah 24 jam, 7 hari, dan 90 hari.  Fitur ini dapat diterapkan pada kolom chat pribadi maupun grup. Namun, perlu diingat, saat Anda mengaktifkan fitur ini, pengguna lain dalam kolom chat akan menerima notifikasi.

Untuk mengaktifkan fitur ini, klik ikon tiga titik pada kolom chat yang Anda pilih, lalu pilih "Pesan yang Menghilang" dan tentukan durasi yang diinginkan.

8. Menyembunyikan Status Online  

Fitur tersembunyi ini sangat berguna bagi Anda yang menghargai privasi dan merasa tidak nyaman jika status terakhir online dapat dilihat oleh orang lain.  

Namun, perlu diingat bahwa jika Anda menggunakan fitur ini, Anda juga tidak akan dapat melihat status online pengguna lain.  

Untuk mengaktifkan fitur ini, buka menu pengaturan di WhatsApp, pilih “Privasi”, kemudian pilih “Terakhir Dilihat dan Online”, dan atur sesuai keinginan Anda.  

9. Menonaktifkan Unduhan Media Otomatis  

Fitur tersembunyi WhatsApp ini sangat bermanfaat bagi Anda yang tergabung dalam banyak grup. Di beberapa grup, sering kali ada anggota yang mengirimkan media seperti foto atau video setiap hari.  

Walaupun Anda tidak membuka grup tersebut, media tersebut akan secara otomatis terunduh ke penyimpanan internal, yang dapat membuat memori ponsel Anda cepat penuh.  

Untuk menonaktifkan fitur ini, buka menu pengaturan di WhatsApp, pilih "Penyimpanan dan Data", lalu hilangkan centang pada semua opsi di bagian "Unduhan Media Otomatis".

10. Beragam Nada Notifikasi  

Anda dapat menetapkan nada notifikasi yang berbeda untuk setiap kolom chat di WhatsApp Anda.  Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengenali pengirim pesan yang masuk tanpa perlu membuka layar ponsel.  

Untuk mengaktifkan fitur ini, buka akun WhatsApp teman atau grup yang diinginkan, kemudian pilih "Notifikasi Kustom".  Selanjutnya, centang opsi “Gunakan Notifikasi Kustom” dan sesuaikan pengaturan notifikasi sesuai preferensi Anda.  

BACA JUGA:Cara Memperbaiki Masalah Pemutaran Video WhatsApp

Kategori :