IIDI Peringati Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia

Kamis 17-10-2024,08:00 WIB
Reporter : Agus Pratikno
Editor : Rochman Gunawan

PEMALANG,jateng.disway.id - Ikatan Istri Dokter Indonesia (IIDI) Cabang Pemalang menggelar peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia ke-17 tahun 2024 di TK Mini Midisi, kemarin. Peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia ini diselenggarakan bekerjasama Dinas Kesehatan. Dharma Wanita Persatuan dan TP PKK Kabupaten Pemalang. 

Hadir dalam kegiatan peringatan itu, Ketua Dharma Wanita Persatuan sekaligus Plt Ketua TP PKK Kabupaten Pemalang Ny Heriyanto. Kepala Dinas Kesehatan dr Yulies Nuraya. Serta anak-anak siswa TK Mini Midisi beserta ibu guru orang tua siswa.

Ketua IIDI Cabang  Pemalang Lulu Damayanti mengatakan, peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia ini diselenggarakan bekerjasama dengan dinas kesehatan, dharma wanita dan TP PKK Kabupaten Pemalang. Kegiatan peringatan ini, dilaksanakan di TK Mini Midisi, yaitu TK binaan IIDI.

"Dalam rangkaian kegiatannya, dimana  melakukan senam bersama, senam cuci tangan pakai sabun dan anak-anak melakukan praktik cuci tangan memakai sabun yang benar,"katanya.

BACA JUGA:IIDI Cabang Kabupaten Pemalang Beri Edukasi tentang Budi Pekerti

BACA JUGA:IIDI Kabupaten Pemalang Berikan Bibit Pohon Kelor

Menurutnya, tujuan cuci tangan memakai sabun ini guna meningkatkan kesadaran masyarakat untuk cuci tangan yang benar. Yaitu dengan menggunakan sabun sebagai tindakan yang sederhana. Namun efektif untuk mencegah penyebaran penyakit termasuk infeksi pernapasan dan penyakit lainnya.

Lulu Damayanti menjelaskan peringatan hari cuci tangan pakai sabun sedunia yang jatuh pada tanggal 15 Oktober 2024 ada beberapa kegiatan yang dilakukan IIDI.

Selain melakukan peringatan, juga  melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait bagaimana cara cuci tangan yang benar. Adapun kegiatan lainnya, IIDI sejak tanggal 7 sampai nanti tanggal 20 Oktober 2024 melakukan  kegiatan pemberian makanan tambahan berupa olahan telur.

"Kegiatan ini, karena stunting telah menjadi fokus kegiatan IIDI. Artinya IIDI punya peran besar untuk ikut menurunkan angka stunting di Kabupaten Pemalang,"paparnya.

Kategori :