GPWP Bekali Wartawan untuk Kesiapan UKW

Senin 14-10-2024,07:30 WIB
Reporter : Agus Pratikno
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG.ID, PEMALANG - Gabungan Perkumpulan Wartawan Pemalang (GPWP) Kabupaten Pemalang menggelar pendidikan dan pelatihan (diklat)  jurnalistik persiapan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di Gedung Sasana Bakti Praja. Kegiatan Diklat jurnalistik itu, untuk meningkatkan kemampuan wartawan dalam menulis berita sekaligus untuk kesiapan dalam mengikuti UKW yang akan dilaksanakan di Kabupaten Pemalang.

Diklat jurnalistik dibuka oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Pemalang Joko Ngatmo, hadir tiga narasumber. Yakni Mochamad Tri Atmojo, mantan Pimpinan Redaksi Radar Pekalongan, Imam Subiyanto Ketua Program Studi Hukum Sekolah Tinggi Ilmu Hukum dan Politik Pelopor Bangsa Depok yang juga praktisi hukum di Kabupaten Pemalang. Selain itu, M Ali Basarah Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Pemalang.

Ketua Panitia Penyelenggara Diklat Jurnalistik Agus Pratikno dalam laporannya menyampaikan bahwa perkembangan zaman dan laju majunya teknologi itu, pengaruh media massa atau media sosial sangatlah besar dalam kehidupan masyarakat.  

Kondisi tersebut, tentunya tidak lepas dari peran besar jurnalistuk, yaitu sebagai ilmu terapan yang memang mempelajari pembuatan dan penyebarluasan informasi melalui media massa. 

BACA JUGA:PWI Kabupaten Pemalang Dilantik

BACA JUGA:PWI Kabupaten Pemalang Adakan Konferensi

Untuk itu, guna memberikan informasi yang baik dan sesuai kaidah jurnalistik, sebagai insan pers atau wartawan harus tahu ilmumya. Sehingga informasi atau pemberitaan yang disampaikan  dapat diterima dengan baik oleh masyarakat. 

"Maka perlunya pendalaman tentang jurnalistik bagi wartawan agar hasil tulisan atau pemberitaannya semakin baik,"katanya.

Sebagai wartawan, menurutnya harus memiliki kemampuan untuk mengembangkan potensi dalam dirinya. Salah satunya adalah dalam dunia tulis menulis. 

"Untuk itu, pendidikan dan pelatihan Jurnalistik seperti ini memberi kesempatan kepada kita sebagai wartawan untuk dapat meningkatkan kemampuannya dalam mengelola informasi atau menulis berita,"ujarnya.

Dijelaskan, kegiatan pendidikan dan pelatihan jurnalistik ini merupakan salah satu ikhtiar, dalam rangka mengembangkan kemampuan di bidang jurnalistik bagi wartawan yang ada di Kabupaten Pemalang. 

BACA JUGA:Gandeng PWI, Diskominfo Kabupaten Tegal Adakan Bimtek Jurnalis OPD

BACA JUGA:PWI dan Kemendikbudristek Adakan Sekolah Jurnalisme Indonesia di Semarang

"Jadi tujuan kegiatan ini,  untuk meningkatkan kemampuan wartawan dalam menulis berita, meningkatkan profesionalitas wartawan dalam menjalankan tugasnya sebagai jurnalis yang mumpuni,"jelasnya.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Pemalang Joko Ngatmo dalam sambutannya menyambut baik terselenggaranya kegiatan Diklat Jurnalistik serta mengapresiasi kegiatan yang diprakarsai oleh GPWP ini,  sehingga bisa diharapkan nantinya dapat melahirkan Jurnalis yang profesional.

Kategori :