8 Tips Mengatur Keuangan agar Tidak Terjerat Pinjol Ilegal

Kamis 10-10-2024,19:00 WIB
Reporter : Endang Wulandari
Editor : Rochman Gunawan

Penting bagi kita untuk bisa melakukan investasi sejak dini, ketika ada idle cash jangan ragu untuk melakukan investasi. Selain untuk bisa mempercepat finansial freedom, investasi juga dilakukan karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi kedepannya, baik itu inflasi atau hal buruk lainnya yang mungkin tidak kita inginkan.

Pilih investasi yang sesuai dan memang kita ketahui ilmu dan risikonya bukan karena ikut-ikutan. Perlu diketahui bahwa investasi banyak bentuknya mulai dari emas, saham hingga reksadana, pilih yang memang cocok dengan diri kita.

4. Tingkatkan Literasi Keuangan

Masyarakat perlu untuk mengetahui bagaimana tips mengatur keuangan agar tidak terjerat pinjol ilegal. Namun bukan hanya itu, setelah mengetahui ilmu tentang mengelola keuangan, menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari juga tak kalah penting. Dengan literasi keuangan yang mumpuni, kita bisa lebih memahami mana kebutuhan dan keinginan sehingga mampu memilih dan memilah mana prioritas bagi diri kita sendiri.

BACA JUGA:4 Tips Mengatur Keuangan Agar Tidak Terjerat Pinjol, Cicilan Aman dan Terhindar dari Utang

BACA JUGA:7 Cara Efektif Mengatur Keuangan agar Tidak Terjerat Pinjol Ilegal

5. Buatlah Perencanaan Keuangan yang Baik

Setiap permasalahan keuangan sebagian besar disebabkan karena kurangnya perencanaan keuangan yang baik. Perencanaan keuangan sangat penting keberadaannya. Dengan membuat perencanaan keuangan kita bisa memetakan secara tepat dan rinci jumlah penerimaan dan kebutuhan kita sehingga pengeluaran kita lebih teratur. Perencanaan keuangan bisa dimulai dari membuat rencana anggaran, membuat catatan keuangan, menyisihkan dana untuk dana darurat dan menabung bahkan hingga kebutuhan untuk investasi.

6. Atur Sesuai Skala Prioritas

Biasakan membelanjakan uang kita berdasarkan skala prioritas yang dibuat sebelumnya. Penyusunan skala prioritas dengan mendahulukan kebutuhan daripada keinginan. Kebutuhan seperti uang makan, uang sewa rumah, biaya transportasi, listrik dan lain sebagainya. Semua hal itu akan berada di daftar atas, sedangkan anggaran untuk staycation, nonton konser atau skin care akan berada dibawahnya.

7. Jangan FOMO

Media sosial dan lingkungan pertemanan menjadi penyebab hadirnya sifat FOMO ini. Tak sedikit anak muda yang malah terjebak, sebagai contoh adanya konser yang membuat kalangan anak muda ingin melihatnya padahal tidak memiliki uang dan berujung memilih pinjol ilegal sebagai jalan keluar yang membawanya menuju kesesatan. Apalagi dengan mudahnya syarat untuk meminjam, membuat generasi muda tak berpikir panjang tanpa perencanaan yang matang. Hindari mengambil keputusan karena ikut-ikutan.

BACA JUGA:7 Tips Mengatur Keuangan agar Tidak Terjerat Pinjol Ilegal

BACA JUGA:4 Tips Jitu Mengatasi Nomor Hp Dijadikan Kontak Darurat Pinjol Ilegal

8. Pinjamlah Hanya untuk Kebutuhan Produktif Bukan Konsumtif

Kenali lebih dahulu bagaimana kondisi keuangan kita, sehingga kita bisa memutuskan apakah sebuah langkah yang tepat jika kita meminjam uang. Karena memang bukan hal haram untuk kita meminjam uang. Melakukan pinjaman diperbolehkan selama masih pada batas kemampuan kita, biasanya ada batas maksimal sekitar 30% dari pendapatan kita yang masih bisa dikatakan sebagai pinjaman yang diperbolehkan.

Kategori :