8 Tips Mengatur Keuangan agar Tidak Terjerat Pinjol Ilegal

Kamis 10-10-2024,19:00 WIB
Reporter : Endang Wulandari
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG.ID - Pinjaman online kini menawarkan banyak kemudahan untuk mendapatkan pinjaman dana cepat, dengan minimnya pengetahuan mengenai tips mengatur keuangan agar tidak terjerat pinjol ilegal perlu dilakukan.

Tips mengatur keuangan agar tidak terjerat pinjol ilegal penting diketahui dan bisa diterapkan dengan mudah, cara ini bisa kalian lakukan sebelum mengajukan pinjaman, bahkan jika terlilit utang pinjaman online.

Dengan memahami tips mengatur keuangan agar tidak terjerat pinjol ilegal supaya terhindar dari berbagai risiko yang merugikan. Selain itu, kalian bisa menerapkan pengaturan uang dikehidupan sehari-hari agar finansial kalian lebih sehat dan aman tanpa adanya jeratan utang yang kian semakin membengkak.

Lantas, bagaimana tips mengatur keuangan agar tidak terjerat pinjol ilegal? Berikut ada beberapa langkah efektif yang dapat dicoba dan dilakukan agar tidak terjebak dalam jeratan utang yang berkepanjangan. 

BACA JUGA:7 Cara Efektif Mengatur Keuangan agar Tidak Terjerat Pinjol Ilegal

BACA JUGA:Cara Mengatasi Pinjol Ilegal Sebar Data dan Tips Menghindarinya

Tips Mengatur Keuangan Agar Tidak Terjerat Pinjol Ilegal

1. Hindari Gali Lubang Tutup Lubang

Tips mengatur keuangan agar tidak terjerat pinjol ilegal yaitu dengan menghindari gali lubang tutup lubang. Melakukan pinjaman bukanlah hal yang dilarang selama itu untuk hal yang produktif dan bisa dikelola dengan baik. Namun akan lebih baik jika kita bisa mengatur keuangan kita dengan baik sehingga tidak perlu untuk melakukan pinjaman, apalagi terjerat dalam lingkaran pinjol ilegal.

2. Hindari Window Shopping

Menurut Cambridge Dictionary, window shopping merupakan kegiatan menghabiskan waktu untuk melihat-lihat produk yang dipajang pada etalase toko tanpa berniat membelinya. Saat ini window shopping tidak hanya dilakukan di mall atau tempat perbelanjaan lainnya, namun juga dapat dilakukan hanya dengan menatap layar gawai saja.

Jaringan pada e-commerce yang mencangkup hampir sebagian besar wilayah dunia membuat banyak barang unik dan menarik bersliweran di depan mata. Mudahnya pembayaran menggunakan fasilitas checkout atau paylater juga menjadi pisau bermata dua yang harus kita waspadai.

BACA JUGA:10 Cara Mengatur Keuangan dengan Benar, Hidup Tenang Tanpa Adanya Utang

BACA JUGA:7 Risiko Pinjol Ilegal yang Harus Diwaspadai

3. Pilih Produk Investasi dan Tabungan dengan Tepat

Kategori :