3 Cara Mudah Membersihkan Kol 5 di SLIK OJK

Kamis 10-10-2024,12:10 WIB
Reporter : Endang Wulandari
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG.ID - Cara membersihkan kol 5 di SLIK OJK penting diketahui. Bank memiliki kategori performing loan sebagai kredit yang dianggap sehat yang digolongkan berdasarkan skala tingkatan kolektibilitas. Hanya Kol 1 dan Kol 2 yang termasuk di dalamnya.

Pentingnya mengetahui cara membersihkan kol 5 di SLIK OJK agar bebas dari blacklist Bank atau lembaga keuangan. Sebenarnya SLIK OJK dulu dikenal sebagai nama BI Checking dan saat ini sudah diganti, sebab sekarang pengelolaannya di bawah tanggung jawab OJK bukan BI lagi.

Bagi kalian yang memiliki catatan riwayat kredit jelek di SLIK OJK seperti tunggakan atau kredit macet. Tidak perlu khawatir, di bawah ini ada beberapa cara membersihkan kol 5 di SLIK OJK yang menjadi solusi tepat buat kalian yang memiliki skor kredit kurang baik.

Catatan riwayat ini menjadi dasar bagi Bank maupun lembaga keuangan lainnya dalam menilai kelayakan kredit kalian. Namun jika nama kalian masuk dalam daftar blacklist, otomatis akan sulit untuk mengajukan pinjaman lagi. Untuk itu, cara membersihkan kol 5 di SLIK OJK bisa kalian lakukan dengan mudah. 

BACA JUGA:Cara Membersihkan Nama di SLIK OJK agar KPR Disetujui

BACA JUGA:7 Pinjol Tanpa SLIK OJK yang Aman dan Pasti Cair

Cara Membersihkan Kol 5 di SLIK OJK

1. Memantau Status SLIK OJK Setiap Bulannya

Cara membersihkan kol 5 di SLIK OJK yaitu dengan memantau status SLIK OJK setiap bulannya. Jika pada bulan berjalan, status kolektibilitas kredit belum berubah, tunggu saja sekitar sebulan untuk memantau laporan kredit lagi.

2. Mengajukan Permohonan Surat Keterangan Pelunasan Pinjaman

Kalian bisa mendatangi bank yang memberikan pinjaman, lalu tunjukkan bukti pembayaran. Pihak bank bisa membantu kalian untuk mengeluarkan Surat Keterangan Pelunasan Pinjaman atau Surat Keterangan Lunas yang bisa dipakai untuk melapor kepada OJK agar data segera diperbarui.

3. Melunasi Pinjaman yang Menunggak

Kalian bisa mengakhirinya dengan melunasi semua pinjaman beserta semua bunganya tanpa sisa. Biasanya yang kerap menjadi masalah yaitu jika masih ada sedikit nominal tunggakan yang belum terbayar karena kurang teliti menghitung. Pastikan kalian sangat teliti menjumlahkan semua biaya pinjaman beserta bunga.

Jika ada yang terlewat, maka tunggakan masih akan dianggap tidak lunas. Jika kesulitan, kalian bisa berkonsultasi dengan pihak bank dan mengajukan untuk melakukan restrukturisasi sesuai dengan kesepakatan bersama. Bank akan mengusahakan upaya untuk memberikan keringanan selama memiliki itikad baik lantaran hal ini terkait dengan persentase NPL perbankan.

BACA JUGA:Berapa Lama agar SLIK OJK Menjadi Bersih Setelah Pelunasan Utang? Simak Penjelasanya

Kategori :