Dinsos Kabupaten Tegal Serahkan Bantuan Korban Bencana Angin Kencang

Selasa 08-10-2024,07:39 WIB
Reporter : Hermas Purwadi
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG.ID, SLAWI - Bantuan kemanusiaan untuk korban bencana angin kencang yang terjadi di Desa Banjarannyar, Kecamatan Balapulang dilakukan Dinas Sosial Kabupaten Tegal.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tegal Iwan Kurniawan melalui Kabid Linjamsos dan Kebencanaan Mochamad Agus Fauzan menyatakan,  kejadian yang terjadi sekitar pukul 14.40 WIB tersebut disertai hujan deras di Wilayah Balapulang, khususnya Desa Banjaranyar. Hal ini  menyebabkan pohon tumbang dan memicu kemacetan. “Serta beberapa rumah mengalami kerusakan pada bagian atap terkena angin yang kencang," ujarnya.

BACA JUGA:UPS Tegal Rotasi Pejabat Struktural

Kejadian tersebut juga menyebabkan fasilitas, seperti klinik kebidanan dan sekolah dasar juga mengalami kerusakan pada bagian atap. Pohon tumbang dan menutupi jalan, fasilitas umum serta rumah warga mengalami kerusakan. Setelah mendapat laporan, pihaknya berkoordinasi dengan pemerintah desa  melakukan asesmen awal  di lokasi kejadian dan mendistribusikan bantuan kebutuhan dasar.

BACA JUGA:Satgas TMMD Kodim 0711 Pemalang Mulai Sasar RTLH

Adapun bantuan sosial yang diserahkan pada korban bencana kali ini meliputi  makanan anak, makanan siap saji, tikar, selimut, kidsware,dan family kit. Kondisi  terkini, masing-masing rumah warga sudah diperbaiki secara mandiri, tidak ada yang mengungsi. 

Di lokasi juga terdapat rumah tidak layak huni namun tidak terkena angin kencang atas yang ditempati Julianto warga  RT 7 RW 2. “Di dalam rumah tersebut dihuni 5 jiwa," ungkapnya.

Kategori :