Rob di Desa Blendung Dapat Perhatian Pjs Bupati Pemalang

Selasa 08-10-2024,09:00 WIB
Reporter : M Ridwan
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG.ID, PEMALANG – Banjir rob yang sering terjadi di wilayah Desa Blendung, Kecamatan Ulujami menjadi perhatian khusus Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Pemalang.

Dari lokasi rob, Pjs Bupati Pemalang bersama BPBD, DPU, camat dan BUMDes meninjau proses pembangunan tanggul sementara guna menanggulangi adanya aliran rob. Di tempat itu, Pjs Bupati Pemalang Agung Heriyanto menyampaikan apresiasi kepada masyarakat Desa Blendung yang secara swadaya dan sukarela melakukan penanggulangan rob di desanya.

BACA JUGA:Satgas TMMD Kodim 0711 Pemalang Mulai Sasar RTLH

Menurutnya, dengan melihat kondisi tersebut pihaknya akan berusaha memberikan dukungan sesuai ketentuan. Pasalnya, hal ini menjadi ranahnya pemerintah desa. “Kita ada mekanisme-mekanisme yang harus dilakukan untuk intervensi membantu masyarakat yang sudah melakukan penanganan rob ini,” jelasnya.

Untuk penanggulangan rob yang bersifat sementara, bisa memberikan fasilitasi beberapa diantaranya dengan peminjaman peralatan seperti alat pengerukan. Bisa dipinjamkan untuk sementara dan secepatnya masyarakat disini menyelesaikan penanggulangan rob.

BACA JUGA:Pemkab Tegal Dukung Reimajinasi Warisan Budaya Kolaboratif

“Tentu kita mengajak semua unsur penting yang terdiri dari pemerintah, dunia usaha, masyarakat dan akademisi agar penanggulangan rob ini segera teratasi,” terang Agung.

Nantinya, akan dibuat tim secara terpadu untuk menjahit peran-peran mereka seperti apa dari sisi infrastruktur. Penanganan masyarakat dan pendidikannya itu semua akan digarap bareng-bareng agar lebih ringan dan efisien. Untuk proses pembuatan tanggul dikerjakan oleh 8 orang dari Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) Desa Blendung. 

Kategori :