Menopause Kerap Menghantui Wanita, Tim Praktisi UMKU Ungkap Solusi Jitu Mengatasinya

Jumat 04-10-2024,21:40 WIB
Reporter : Arief Pramono
Editor : Laela Nurchayati

JEPARA, diswayjateng.id - Fase menopause yang kerap menghantui para wanita berusia di atas 50 tahun, menjadi perhatian khusus pihak Lembaga Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Muhammadiyah Kudus (UMKU).

Karena itu, tim dosen bidang kesehatan dari kampus setempat, rajin menggelar program edukasi kesehatan reproduksi kepada masyarakat.

Kali ini, program edukasi bertema “Peningkatan Kesiapan Menghadapi Menopause Melalui Edukasi Audio Visual”, menyasar ibu-ibu di Kabupaten Jepara.

Untuk diketahui, masa menopause adalah periode perubahan dalam kehidupan seorang wanita. Dimana periode menstruasi bulanan berhenti, kemudian tubuh mereka menyesuaikan diri dengan kondisi normal yang baru.

BACA JUGA:Angkat Potensi Batik Bumi Kartini, Pendopo Jepara Dijadikan Ruang Promosi

Agenda edukasi ini berlangsung di Gedung Muhammadiyah Ranting ‘Aisyiyah Desa Dudakawu, Kecamatan Kembang, Jepara.  

Kegiatan dihadiri ratusan ibu-ibu yang sebagian besar perempuan yang berada dalam rentang usia menjelang menopause.

“Program ini bertujuan memberikan pemahaman yang lebih baik mengenai proses dan tantangan menopause bagi ibu-ibu di Kecamatan Kembang Jepara,” ungkap Fitriana Kartikasari selaku Ketua Tim Pengabdian Bidang Kesehatan UMKU, Kamis 3 Oktober 2024.

Memanfaatkan media edukasi berbasis audiovisual, kata Fitriana, tim bidang kesehatan UMKU memaparkan informasi penting terkait perubahan fisik, psikologis, serta cara-cara menjaga kesehatan selama periode menopause.

 

BACA JUGA:Terinspirasi Jejak Warisan Kartini, Jepara Dibidik Tuan Rumah PWF 2024

 

“Melalui pendekatan edukasi ini, peserta bisa lebih siap secara mental dan fisik dalam menghadapi fase menopause. Edukasi audiovisual kami pilih karena lebih efektif dan menarik bagi peserta untuk menyerap materi yang kami sampaikan,” tukas Fitriana.

Sedangkan materi yang disampaikan kepada warga, meliputi pengenalan gejala menopause, tips menjaga kesehatan melalui pola makan dan olahraga yang tepat, serta pentingnya dukungan keluarga.

“Peserta juga kami ajak diskusi dan berbagi pengalaman seputar menopause, sehingga menambah wawasan dan kesiapan mereka dalam menghadapi masa transisi ini,” terang Fitri.

 

BACA JUGA:Warga Pesisir Jepara Resah Dampak Ekploitasi Pasir Laut

 

Sementara itu, salah satu peserta, putri (45) mengaku sangat terbantu dengan penjelasan dari para dosen mengenai menopause. Sebab selama ini ia belum mengetahui banyak tentang menopause.

Untuk diketahui, kegiatan ini merupakan bagian hibah internal LPPM UMKU. Melalui program ini, pihak UMKU berkomitmen berkontribusi langsung dalam meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan masyarakat.

Dengan demikian, UMKU bisa berperan aktif menjalankan Tridharma Perguruan Tinggi. Khususnya di bidang pengabdian masyarakat, untuk mendukung terciptanya masyarakat yang sehat, sejahtera dan berpengetahuan luas.

 

Kategori :