Agrowisata Petik Buah Tumbuhkan Ekonomi Petani dengan Eduwisata

Kamis 03-10-2024,09:13 WIB
Reporter : Nungki S Nurhidayanto
Editor : Wawan Setiawan

DEMAK, diswayjateng.id - Sebagai daerah yang memiliki tanah subur di sisi barat, Pemkab Demak memberikan dukungan kepada para petani dan masyarakat setempat untuk menggalang perekonomian, salah satunya adalah dukungan pada Agrowisaya Petik Buah di desa Jerukgulung, Kecamatan Dempet, Kabupaten Demak.

Dukungan tersebut menjadikan Suyadi selaku pengelola agrowisata petik buah sekaligus petani berani berinovasi pada lahan pertanian yang Ia miliki dengan menghadirkan agrowisata tersebut dengan tujuan untuk memajukan pertanian dan pariwisata di Kabupaten Demak meski menghadapi berbagai kendala.

Salah satu kendala yang kami alami dalam mengelola agrowisata petik buah adalah irigasi atau pengairan. Harapan kami, dari Pemdes maupun Pemkab bisa mensuport petani perkebunan. Kami harap pemerintah tanggap saat kami kesulitan sehingga memberi bantuan, ucapnya pada diswayjateng.id, Rabu 2 Oktober 2024.

Ia menyebut bahwa agrowisata petik buah dapat memberdayakan masyarakat setempat dan dapat berkembang dan berkelanjutan. Terlenih lagi agrowisata di tanah seluas 6 hektar tersebut sudah menjadi salah satu eduwisata dan hanya dengan Rp10 ribu wisatawan dapat memetik buah dan makan di tempat tersebut.

Sementara itu salah pengunjung agrowisata petik menyampaikan pujian atas adanya wisata edukasi tersebut. karena selain dapat menikmati buah buah yang segar dan petik secara langsung juga mendapatkan pengetahuan terkait jenis buah buah yang dipetik dan juga terkait sejarah buah - buahan hingga sampai ke Demak, salah satunya adalah Burhanudan.

"agrowisata ini sangat bagus, selain bisa menumbuhkan perekonomian masyarakat dengan datangnya wisatawan seperti saya. Rasa jambu cristal di sini juga enak, sangat saya rekomendasi untuk mengunjunginya," tutupnya.

Kategori :