Pramuka IBN Tegal Sukses Ikuti Pertikawan Nasional ke-2 di Cibubur

Rabu 02-10-2024,19:45 WIB
Reporter : Yeri Noveli
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG.ID, SLAWI - Pramuka Institut Agama Islam Bakti Negara (IBN) Tegal yang tergabung dalam kontingen Jawa Tengah berhasil sukses saat mengikuti kegiatan Pertikawan Nasional ke-2 di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur. 

Kegiatan ini merupakan ajang bergengsi yang mempertemukan Pramuka Penegak dan Pandega dalam semangat kebersamaan, pembelajaran, serta komitmen terhadap kelestarian lingkungan. Hadir dalam acara tersebut, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Siti Nurbaya. 

BACA JUGA:Logistik Pilkada, 7.380 Bilik Suara Pilkada Tiba Di Gudang KPU Kota Semarang

Pendamping kontingen Pramuka IBN Tegal, Pindha mengatakan, kegiatan ini sangat penting, terutama bagi mahasiswa yang merupakan bagian dari generasi muda. Pramuka IBN Tegal harus tetap semangat dan antusias dalam setiap kegiatan Pramuka, terutama dalam event nasional seperti ini.

Setelah kesuksesan di Raimuna Nasional ke-12 tahun 2023, Pertikawan nasional ini menjadi langkah besar berikutnya untuk menunjukkan kontribusi nyata dalam menjaga lingkungan dan bangsa.

"Selama berlangsungnya Pertikawan nasional, Pramuka IBN Tegal terlibat dalam berbagai kegiatan seperti eco-camp, diskusi interaktif mengenai perubahan iklim, dan aksi nyata seperti penanaman pohon dan kampanye pelestarian lingkungan," kata Pindha, saat ditemui di Kampus IBN Tegal.

BACA JUGA:Amankan Tembakau Gorila Sebanyak 1,64 Gram, Tiga Warga Salatiga Dibekuk di Belakang Kampus Ternama

Selain itu, lanjut dia, para peserta juga mengikuti berbagai kompetisi yang mengasah keterampilan Pramuka, termasuk kegiatan petualangan, pioneering, serta kemandirian hidup di alam terbuka. 

Pertikawan Nasional ini juga menjadi ajang untuk mempererat persaudaraan antar-Pramuka dari seluruh wilayah Indonesia, menumbuhkan rasa persatuan, serta mengasah kemampuan berorganisasi dan kepemimpinan yang sangat penting bagi generasi muda. 

"Kegiatan-kegiatan yang berlangsung selama seminggu penuh ini memberikan bekal pengalaman berharga bagi para peserta, tidak hanya terkait dengan Pramuka, namun juga dalam hal kepedulian sosial dan lingkungan," ujarnya.

BACA JUGA:Diduga Sebarkan Kebencian, Tim Hukum Jaguar Somasi Akun Medsos

Lebih lanjut dikatakan, salah satu momen yang paling menginspirasi adalah ketika Menteri Siti Nurbaya secara simbolis menanam pohon bersama para peserta Pertikawan sebagai bentuk komitmen bersama untuk menghijaukan bumi dan menjaga kelestarian lingkungan. 

“Kalian adalah masa depan bangsa ini. Teruslah menjadi garda terdepan dalam pelestarian lingkungan, karena apa yang kita lakukan hari ini akan berdampak besar bagi masa depan bumi,” kata Phinda saat menyampaikan pesan Menteri Siti Nurbaya.

Diharapkan, keikutsertaan Pramuka IBN Tegal dalam Pertikawan Nasional ke-2 ini mampu menjadi inspirasi bagi para anggota Pramuka lainnya. Inspirasi tersebut yakni untuk terus aktif dan berperan dalam berbagai kegiatan positif, baik di tingkat lokal, nasional, maupun internasional.

BACA JUGA:Dinas Dikbud Kabupaten Tegal Akomodir 50,2 ,% Anak Putus Sekolah lewat Program YSM

Kategori :