Fungsi dan Cara Mengaktifkan NFC di Ponsel Android

Rabu 02-10-2024,23:00 WIB
Reporter : Alisa Septiana Zulfa
Editor : Rochman Gunawan

- Temukan opsi "NFC".

- Aktifkan NFC dengan menggeser tombol ke posisi "on".

Sebagai catatan, pada beberapa ponsel Android, opsi NFC mungkin terletak di bagian yang berbeda, seperti "Pengaturan tambahan" atau "Pengaturan lanjutan". Ada juga yang menempatkan opsi ini di bagian "Jaringan".

Jika ingin lebih mudah, Anda dapat menggunakan fitur pencarian di pengaturan pencarian dan ketik "NFC". Setelah itu, cukup pilih dari hasil pencarian yang muncul.

Fungsi NFC pada Smartphone yang Jarang Diketahui

Setelah memahami cara mengaktifkan fitur NFC pada Smartphone, mari kita bahas apa yang membuat NFC begitu istimewa. Apa sebenarnya fungsi NFC pada sebuah Smartphone? Apakah NFC hanya digunakan untuk memeriksa saldo e-toll dan mengirim data?

Jawabannya tentu saja tidak. NFC memiliki lebih banyak fungsi. Ini adalah fitur penting yang sayangnya banyak pengguna tidak menyadari. Banyak pengguna yang kurang memahami dan tidak memaksimalkan fungsi NFC. Oleh karena itu, berikut adalah penjelasan mengenai berbagai fungsi NFC yang mungkin belum diketahui oleh banyak orang.

1. Melakukan Pembayaran  

Berbelanja di mal menjadi lebih praktis dengan menggunakan kartu debit. Anda tidak perlu lagi menghabiskan waktu untuk mengantri di ATM dan menarik uang sesuai dengan anggaran belanja Anda. Namun, akan lebih efisien jika kartu debit tersebut terintegrasi dengan Smartphone Anda.

Kemudahan ini dapat terwujud berkat teknologi NFC. Cukup dekatkan Smartphone Anda ke perangkat pembayaran NFC di mal, dan transaksi pun selesai.

Beberapa produsen telah menghadirkan solusi pembayaran melalui ponsel dengan aplikasi pendukung, seperti Samsung Pay dari Samsung dan Apple Pay untuk pengguna iPhone. Kedua aplikasi ini juga dapat terhubung dengan akun dompet digital.

2. Transfer Data

Transfer data adalah salah satu fungsi utama dari berbagai jenis konektivitas, termasuk NFC. Pada awalnya, NFC dikenal karena kemampuannya dalam mentransfer kontak atau nomor telepon. Alih-alih mencatat dan menyimpan nomor telepon satu per satu, Anda hanya perlu mendekatkan dua ponsel yang dilengkapi dengan fitur NFC.

Dengan satu sentuhan, nomor telepon akan langsung berpindah dari satu ponsel ke ponsel lainnya. Selain kontak, berbagai file seperti foto, URL, dokumen, dan lokasi juga dapat dikirim melalui NFC, baik antar ponsel maupun ke perangkat lain seperti laptop. Namun, perlu dicatat bahwa kecepatan transfer NFC cenderung lambat. Oleh karena itu, pastikan ukuran file yang akan dikirim tidak terlalu besar.

Pada ponsel Android, pengiriman file melalui NFC sebelumnya didukung oleh fitur Android Beam. Namun, sejak peluncuran Android 10, fitur ini telah dihapus dan digantikan oleh Nearby Share, yang berfungsi mirip dengan AirDrop dari Apple.

BACA JUGA:Cara Mengaktifkan NFC di iPhone

Kategori :