Melestarikan Fauna, 700 Peserta Berebut Kejuaraan Bergengsi Lomba Burung Piala Sepoooor 4

Sabtu 28-09-2024,19:08 WIB
Reporter : Wahyu Sulistiyawan
Editor : Laela Nurchayati

SEMARANG, diswayjateng.id - Sebanyak 700 peserta dari berbagai daerah mengikuti Lomba Burung Berkicau Piala Sepoooor 4 yang diselenggarakan Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 4 Semarang di halaman parkir Stasiun Tawang Bank Jateng, Kota Semarang. Lomba yang bekerjasama dengan Garuda Nusantara dan Viking Arena ini untuk memperebutkan piala bergensi dari 26 katagori perlombaan.

Lomba tersebut merupakan rangkaian dari HUT ke-79 KAI, selain itu juga untuk meningkatkan peran aktif masyarakat dalam melestarikan fauna di Indonesia. Dimana berbagai jenis burung akan dilombakan dalam kompetisi tersebut.

Manager Humas KAI Daop 4 Semarang Franoto Wibowo menyampaikan, perlombaan ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-79 KAI. Lomba ini sekaligus sebagai wujud komitmen KAI untuk berperan aktif dalam melestarikan fauna di Indonesia. 

"Dengan menyelenggarakan lomba burung berkicau, KAI berharap dapat mendorong masyarakat untuk lebih peduli terhadap kelestarian burung-burung, yang menjadi bagian dari kekayaan fauna kita," ujar Franoto, Sabtu 28 September 2024.

BACA JUGA:Sayangkan Aksi Warga Eks PJKA, Daop 4 Semarang Tegaskan Bangunan tersebut Aset PT KAI

BACA JUGA:KAI Daop 4 Siap Operatori Jalur Tawang-Tanjung Emas Semarang

Berbagai macam burung yang dilombakan dalam kegiatan ini meliputi Murai Batu, Cucak Hijau, Kacer, Cendet, Kenari, dan Anis Merah.

Setiap kategori memiliki standar penilaian yang ketat untuk memastikan kualitas peserta, baik dari sisi suara, gaya, maupun performa burung selama perlombaan.

Franoto menambahkan, perlombaan ini bukan hanya menjadi ajang unjuk kebolehan bagi para pecinta burung kicauan, tetapi juga sebagai wujud nyata upaya pelestarian dan peningkatan kepedulian terhadap spesies burung di Indonesia.

“Kegiatan ini diharapkan mampu memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga keseimbangan ekosistem, khususnya terhadap fauna jenis burung yang membutuhkan perhatian khusus,” tambahnya.

BACA JUGA:Capai 54 Persen, Suara Milenial dan Gen Z Dinilai Jadi Kunci Kemenangan Pilwakot Semarang

Selain itu, Lomba Burung Berkicau Piala Sepoooor 4 Semarang juga menjadi kesempatan bagi KAI untuk semakin mendekatkan diri dengan masyarakat melalui kegiatan yang mengusung nilai-nilai pelestarian lingkungan dan tradisi.

Dalam jangka panjang, KAI berharap kegiatan ini dapat memberikan kontribusi positif terhadap upaya konservasi burung yang ada di Indonesia.

"Dengan semangat kebersamaan dan pelestarian alam, kegiatan ini diharapkan menjadi agenda tahunan yang dapat memupuk rasa cinta terhadap lingkungan dan keanekaragaman hayati di Tanah Air", ungkap Franoto.

Kategori :