7 Pinjol Tanpa Cek Riwayat Kredit di OJK, Aman dan Cepat Cair

Rabu 25-09-2024,17:00 WIB
Reporter : Endang Wulandari
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG.ID - Saat ini pinjol tanpa cek riwayat kredit sangat diminati oleh masyarakat, sebab menawarkan solusi praktis untuk memenuhi kebutuhan pendanaan jangka pendek tanpa adanya riwayat kredit macet. 

Meskipun menawarkan kemudahan dalam proses pengajuan dan kecepatan pencairan pinjaman atau kredit, perusahaan pinjol legal biasanya tetap mengedepankan prinsip kehatian-hatian. Hal ini dilakukan untuk terhindar dari kasus pengembalian kredit oleh nasabah tidak lancar membayar atau bahkan macet. Untuk itu, pinjol tanpa cek riwayat kredit jadi pilihan. 

Dengan adanya pinjol tanpa cek riwayat kredit di OJK tergolong cukup menguntungkan bagi pengguna, karena minim terjadinya penolakan. Kalian dapat memanfaatkan pengajuan pinjaman tanpa perlu informasi riwayat kredit yang buruk atau pun baik. 

Di bawah ini ada beberapa aplikasi pinjol tanpa cek riwayat kredit di OJK yang aman untuk digunakan. Pengajuan pinjaman di platform ini tidak perlu pengecekan riwayat kredit sebagai syarat pengajuan. 

BACA JUGA:7 Pinjol Tanpa SLIK OJK dan Langsung Cair

Lazimnya, lembaga keuangan termasuk pinjol legal memanfaatkan layanan yang telah disediakan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk mengetahui riwayat kelancaran pembayaran kredit oleh calon debitur, apakah pernah menunggak atau bahkan macet. Layanan yang dimaksud yaitu Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK).

Untuk menarik minat calon debitur, beberapa pinjol alias pinjaman online yang terdaftar dan berizin ada yang menawarkan produk pinjaman tanpa melibatkan SLIK OJK, sehingga memberikan alternatif bagi mereka yang memiliki riwayat kredit kurang baik.

Namun, masyarakat wajib memahami bahwa meskipun tanpa pengecekan di SLIK OJK, perusahaan pinjaman online tetap memiliki mekanisme untuk menilai apakah seorang calon debitur layak untuk diberi pinjaman.

Meskipun SLIK kini dikelola OJK (Otoritas Jasa Keuangan), namun masyarakat umumnya lebih mengenal dengan istilah BI Checking. Sebab, sebelum OJK hadir, pengawasan perbankan menjadi wewenang Bank Indonesia (BI), yang di dalamnya mencakup BI Checking sebagai mekanisme untuk melihat riwayat kelancaran kredit seorang debitur. Namun, tetap saja istilah BI Checking lebih populer ketimbang SLIK OJK.

Artinya, calon debitur tetap harus memenuhi persyaratan untuk bisa menerima kredit. Sebab, perusahaan pinjol legal wajib menerapkan prinisp kehati-hatian dalam menyalurkan dana mereka ke calon debitur. 

BACA JUGA:Galbay di Pinjol Tanpa SLIK OJK Riwayat Kredit Tetap Aman? ini Dia Aplikasinya

Daftar Pinjol Tanpa Cek Riwayat Kredit di OJK 

1. Akulaku

Akulaku menawarkan berbagai produk keuangan, Akulaku memberikan pilihan pinjaman yang mungkin tidak memerlukan cek skor kredit, sehingga lebih fleksibel untuk berbagai profil peminjam.

2. PinjamYuk

Kategori :