Bupati Pemalang Terharu Melihat Siswa Berseragam Sekolah

Senin 16-09-2024,10:15 WIB
Reporter : Agus Pratikno
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG ID, PEMALANG - Bupati Pemalang Mansur Hidayat menaruh rasa haru meneteskan air matanya saat memberikan bantuan seragam sekolah kepada sejumlah siswa SD dan SMP di halaman SMP Negeri 3 Pemalang. Program bantuan Pemerintah Kabupaten Pemalang berupa seragam sekolah untuk anak-anak keluarga kurang mampu.

Bupati Pemalang Mansur Hidayat menyampaikan pengalamannya saat bersekolah dulu yang mengalami kesusahan agar anak-anak siswa SD dan SMP sekarang jangan sampai ikut mengalaminya. 

BACA JUGA:Kapolres Semarang Prediksi Puncak Arus Balik Liburan Awal Pekan

Dirinya sewaktu masih duduk di bangku sekolah hanya memiliki satu pasang seragam yang dipakainya selama tiga tahun. Maka  dengan bantuan ini diharapkan, siswa dan siswi anak  pelajar sekarang bisa lebih giat lagi dalam belajar di sekolahnya masing-masing.

"Program seragam gratis ini, keinginan saya agar anak-anak  senang dan semangat bersekolah,"katanya .

Bupati Mansur kembali bercerita masa kecilnya saat masih sekolah, seragam sekolahnya hanya ada  satu baju dan celana bolong. Meskipun kondisinya seperti itu, tetap dipakai selama tiga tahun. 

BACA JUGA:Cawalkot Semarang: Teman Birokrat dan NU akan Menambah Jumlah Pemilih

"Maka untuk sekarang pelajar Pemalang harus memakai baju seragam yang layak, tidak seperti dulu yang saya alami,"ujarnya. 

Disebutkan program pemberian bantuan seragam sekolah ini,  dilakukan dalam rangka mengurangi angka Anak Tidak Sekolah (ATS) di Kabupaten Pemalang, yang angkanya masih tinggi. 

Selain itu, program ini juga dilakukan untuk meningkatkan angka dalam Indesk Pembangunan Manusia (IPM) yang hingga sekarang masih di nomor buncit di Jawa Tengah.

BACA JUGA:Replika Tikus Berdasi Merah Diarak dalam Festival Bukit Jatiwayang Semarang

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Pemalang, Ismun Hadiyo menjelaskan dinasnya telah menganggarkan pembuatan seragam sekolah  sebanyak 2.902 set. Berupa seragam  merah putih dan seragam pramuka untuk siswa jenjang SD. Kemudian 4.482 seragam OSIS putih biru dan seragam pramuka untuk siswa jenjang SMP. 

Adapun pembagiannya diberikan sesuai dengan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) di Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Pemalang. 

Kategori :