Tidak Punya Jamban, Petugas Puskesmas Datangi Rumah Warga

Minggu 15-09-2024,10:40 WIB
Reporter : Meiwan Dani Ristanto
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG.ID, TEGAL - Tim dari Puskesmas Margadana, Kecamatan Margadana, Kota Tegal bersama mahasiswa KKN Alma Ata. Mendatangi rumah warga yang tidak memiliki jamban. Hal itu dilakukan dengan grebeg warga untuk Wujudkan Sanitasi Sehat (Wusan Sehat). Kegiatan itu masih berkaitan dengan Inovasi Rumah Jamban Sehat (Rujahat) jadi setiap rumah harus memiliki jamban sehat.

Grebeg warga bertujuan memverifikasi langsung warga yang belum mempunyai Jamban ataupun mempunyai Jamban namun terkendala rusak atau masih belum layak.

BACA JUGA:Jadi Tuan Rumah Peparnas 2024, Jateng Optimistis Kembali Raih Juara Umum

"Sehingga dilakukan kunjungan rumah, grebeg warga Wusan Sehat merupakan program kunjungan rumah yang dilakukan oleh tiM kesehatan lingkungan bersama dgn Babinsa, Bhabinkamtibmas, TP PKK, kader kesehatan  dan stakeholder Kelurahan Margadana didampingi Mahasiswa KKN Alma Ata Jogja," kata Kepala Puskesmas Margadana dr Destina Dyah Astuti melalui Sanitarian Murtiningsih.

Selain KR, tim juga memberikan edukasi tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang harus diterapkan di masyarakat. Rumah yang bermasalah dengan Jamban akan diberi stiker untuk penanda dan buku pantau rutin yang di isi secara mandiri oleh warga.

BACA JUGA:Ketua DPRD Salatiga Ingatkan Tikungan Tajam PKPU Pilkada

"Sehingga nanti dilakukan monitoring ulang dari kader kesehatan dan tIM Kesling secara berkala. Untuk kartu pantau bertujuan memastikan semua warga tidak BAB sembarangan," pungkasnya.

Kategori :