Sosialisasi Mitigasi Bencana kepada Murid SD

Jumat 13-09-2024,11:00 WIB
Reporter : Meiwan Dani Ristanto
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG.ID, TEGAL - SD Negeri Mangkukusuman 3  Kota Tegal mengadakan simulasi sebagai bentuk kesiapsiagaan siswa akan bencana gempa bumi dengan menghadirkan Narasumber dari BPBD Kota Tegal. Karena pendidikan merupakan wahana yang efektif untuk membangun perilaku peserta didik dalam menghadapi bencana. Simulasi mitigasi bencana dapat meningkatkan pengetahuan dan kesiapsiagaan warga sekolah dalam menghadapi bencana khususnya bencana gempa bumi. 

BPBD Kota Tegal memberikan materi dan pelatihan simulasi mitigasi bencana. Sosialisai dan simulasi melibatkan seluruh warga sekolah yang terdiri dari kepala sekolah, guru dan siswa-siswi.

BACA JUGA:Kabupaten Tegal dan Brebes Dapat Dana Sharing Rp312 Juta dari Perhutani

Kepala SD Negeri Mangkukusuman 3 Kota Tegal Wulan Garina mengatakan, materi sosialisasi dan simulasi mitigasi bencana gempa bumi terdiri dari  tahap persiapan pelaksanaan sosialisasi  dan simulasi bencana gempa bumi. Dengan memberikan pengetahuan dasar tentang jenis-jenis bencana, simbol-simbol bencana, dan prosedur kesiapsiagaan sebelum, saat terjadi. Setelah kejadian bencana gempa bumi dengan menggunakan gambar dan tahap evaluasi sosialisasi dilaksanakan.

Untuk mengetahui seberapa paham siswa-siswi ini tentang bencana gempa bumi dengan memberikan umpan balik berupa pertanyaan-pertanyaan langsung setelah kegiatan sosialisasi dan simulasi mitigasi bencana gempa bumi.

BACA JUGA:Mahasiswa KKN Umus Brebes Berdayakan Potensi Lokal Desa Capar Kabupaten Tegal

"Sosialisasi dan simulasi mitigasi bencana gempa bumi untuk meningkatkan kesiapsiagaan siswa," bebernya.

Instruktur pelatih mitigasi bencana gempa bumi dari BPBD Kota Tegal memberikan materi pengenalan jenis-jenis bencana dan simbol-simbol bencana. Siswa terlihat terlihat antusias saat instruktur memberikan materi. Hal ini ditunjukkan dengan banyaknya siswa yang menjawab pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan. 

Sebelum pelaksanaan simulasi gempa bumi, siswa- siswi diberikan pengenalan terhadap rambu-rambu jalur evakuasi gempa bumi. 

BACA JUGA:PKK dan DLH Kabupaten Pemalang Sosialisasi dan Pelatihan Pengelolaan Bank Sampah

"Hal ini bertujuan agar siswa tidak bingung ketika simulasi bencana. Selain itu, agar siswa dapat mempratikkan simulasi bencana gempa bumi dengan baik dan benar," pungkasnya.

Kategori :