Tingkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan, Dinkes Kabupaten Tegal Lakukan Visitasi Praktik Mandiri Dokter Spesialis

Kamis 12-09-2024,19:45 WIB
Reporter : Yeri Noveli
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG.ID, SLAWI - Upaya meningkatkan mutu pelayanan kesehatan, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tegal. Melakukan visitasi praktik mandiri dokter spesialis di wilayah Puskesmas Pagiyanten, Kecamatan Adiwerna, Kamis (12/9/2024).

Visitas yang dipusatkan di tempat praktek mandiri dokter spesialis THT dr Nurbaiti SpTHT-KL itu, Dinkes didampingi perwakilan dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Kabupaten Tegal. 

Kepala Dinkes Kabupaten Tegal dr Ruszaeni melalui Kepala Bidang SDMK dan Pemberdayaan Masyarakat, R Siti Iva Rifda Chomsiyah SST MMBdn mengatakan, tujuan kegiatan ini untuk melakukan pemeriksaan kelengkapan sarana dan prasarana serta kesesuaian administrasi praktik dokter spesialis.

BACA JUGA:Musnahkan Barang Bukti, Kejari Batang Hancurkan Odong-odong hingga Celurit

Menurutnya, selain untuk memeriksa kelengkapan sarpras, juga untuk pengawasan dan pembinaan mutu pelayanan kesehatan yang diberikan kepada masyarakat. 

"Prinsipnya, tujuan visitasi ini yaitu untuk mewujudkan pelayanan kesehatan yang berkualitas dan bermutu serta menjamin keamanan dan keselamatan pasien untuk mendukung penurunan masalah kesehatan," kata Iva.

Untuk mewujudkan itu, lanjut Iva, maka perlu diimbangi pula dengan tenaga kesehatan yang berkualitas serta memenuhi aspek legal dalam memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat.

BACA JUGA:Sammuel Wattimena Ingatkan Gempuran Fashion Korea

Diharapkan, ada perbaikan kualitas sarana prasarana, kelengkapan administrasi serta peningkatan mutu pelayanan yang mendukung pelayanan kesehatan masyarakat secara langsung.

"Bagi yang belum berkualitas, maka harus diperbaiki," pesannya.

Ketua Tim Kerja Perizinan Tenaga Kesehatan, Paramita, SKM menyarankan, bagi semua dokter yang membuka praktik mandiri, supaya melengkapi Surat Izin Praktik (SIP).

Sarpras juga harus sehat serta memiliki akun praktik mandiri Sistem Informasi Sumber Daya Manusia Kesehatan (SISDMK).

"Untuk kemudahan dan percepatan penerbitan SIP bagi tenaga kesehatan, silahkan mendownload aplikasi MPP Digital di play store," ujarnya.

BACA JUGA:Warga Binaan Lapas Batang Dijamin BPJS Kesehatan

Sementara, Perwakilan IDI Kabupaten Tegal dr Boeing Dewantari berharap semua praktik dokter dapat memenuhi semua persyaratan, baik dalam segi administrasi, sarana dan prasarana dalam melayani masyarakat. 

Kategori :