5 Cara Menghadapi DC Pinjol yang Datang ke Rumah

Senin 09-09-2024,13:30 WIB
Reporter : Endang Wulandari
Editor : Rochman Gunawan

DISWAY JATENG.ID - Bagi kalian yang mengalami galbay alias gagal bayar cicilan pinjaman online perlu berhati-hati jika debt collector (DC) lapangan pinjol menagih utang ke rumah. Untuk itu, perlu ketahu cara menghadapi DC pinjol datang ke rumah.

Risiko datangnya DC lapangan aplikasi pinjol ke rumah yatu jika kalian gagal bayar (galbay) cicilan lebih dari 90 hari sejak tanggal jatuh tempo pembayaran. Ada cara yang tepat untuk menghadapi debt collector (DC) datang ke rumah yang menagih utang baik melalui chat, telepon, maupun datang ke rumah.

Namun perlu diketahui, jangan sampai kalian melakukan hal yang jusru akan membuat diteror secara terus menerus oleh pihak debt collector / DC pinjaman onlne. Karena itu, cara menghadapi DC pinjol datang ke rumah menjadi solusi tepat.

Cara menghadapi DC pinjol datang ke rumah dapat kalian lakukan tanpa kekerasan. Biasanya debt collector / DC datang ke rumah apabila telat lebh dari 2-3 bulan. 

BACA JUGA:5 Tips Menghadapi DC Pinjol yang Datang ke Rumah

Menurut SK Pengurus AFPI Nomor 002/SK/COC/INT/IV/2020, perusahaan aplikasi pinjol tidak boleh menagih utang secara langsung kepada penerima pinjaman/debitur yang gagal bayar (galbay) setelah lebih dari 90 hari dihitung dari tanggal jatuh tempo.

Lantas, bagaimana cara menghadapi debt collector pinjol melalui chat atau telepon?

Apabila DC lapangan aplikasi pinjol alias pinjaman online menagih utang melalui chat WA atau telepon, jangan langsung dibalas atau diangkat.

Cara Menghadapi DC Pinjol Datang ke Rumah 

Berikut ini ada 5 cara menghadapi Debt Collector (DC) lapangan pinjol dengan baik yang menagih utang dan datang ke rumah, sebagai berikut:

1. Menjelaskan Kondisi Keuangan Kepada Debt Collector

Cara menghadapi DC pinjol datang ke rumah yang pertama yaitu dengan menjelaskan kondisi keuangan kalian kepada DC lapangan pinjaman online dan kendala yang menyebabkan gagal bayar (galbay).

BACA JUGA:Tak Perlu Panik, Ini 7 Cara Menghadapi DC Pinjol Ilegal yang Meresahkan

2. Tanyakan Identitas, Surat Tugas, dan Sertifikasi Debt Collector

Menanyakan identitas, surat tugas, dan sertifikasi resmi Debt Collector pinjaman online merupakan cara tepat menghadapi DC pinjol datang ke rumah. Debt collector yang resmi tentu memiliki surat tugas dan Sertifikasi Profesi Penagihan Pembiayaan (SP3).

Kategori :