Tak Perlu Panik, Ini 7 Cara Menghadapi DC Pinjol Ilegal yang Meresahkan

Tak Perlu Panik, Ini 7 Cara Menghadapi DC Pinjol Ilegal yang Meresahkan

cara menghadapi dc pinjol ilegal --foto youtobe

DISWAY JATENG - Cara menghadapi DC pinjol ilegal penting untuk diketahui, khususnya bagi nasabah yang terlanjur galbay atau macet bayar. Pasalnya pinjaman ilegal tidak diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) sehingga perlu dihindari. 

Pihak DC / Debt Collector yang datang ke rumah seringkali dikhawatirkan oleh nasabah, terlebih di pinjol ilegal. Karena itu, berikut ada beberapa cara menghadapi DC pinjol ilegal yang perlu kalian waspadai agar tidak semakin semena-mena. 

Praktik pinjaman online (pinjol) ilegal merajalela di sejumlah kota dalam beberapa tahun terakhir ini. Sebagian besar kasusnya masyarakat terjerat bunga tinggi yang ditawarkan pinjaman online ilegal. Pinjaman online yang belum resmi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) seringkali melakukan penagihan yang melenceng dari aturan, misalnya dengan cara mengintimidasi dan mengancam. Karena itu, cara menghadapi DC pinjol ilegal salah satu solusinya. 

Cara menghadapi DC pinjol ilegal bisa kalian lakukan dengan tepat ketika kalian sedang menghadapi masalah finansial. Akibanya, banyak yang terlilit utang di pinjaman online hingga menumpuk.

BACA JUGA:Cara Menghadapi DC Pinjol Ilegal Terbaru

Jika terjadi demikian, biasanya debt collector (DC) pinjaman online akan bersiap mengunjungi para debitur yang mengalami galbay (gagal bayar).

Biasanya mereka akan melakukan penagihan dengan berbagai cara. Karena itu, kalian perlu mengetahui cara menghadapinya untuk menghindari tindakan yang tidak diinginkan. Cara ini wajib kalian lakukan, supaya terhindar dari debt collector (DC) yang semena-mena.

Ada 7 Cara Menghadapi DC Pinjol Ilegal 

1. Rekam Proses Penagihan

Jika memungkinkan cara menghadapi Debt Collector (DC) pinjol ilegal bisa dengan merekam proses penagihan, baik melalui telepon maupun secara langsung. Pastikan rekaman tersebut jelas dan dapat menjadi bukti jika diperlukan.

2. Kumpulkan Bukti

Kumpulkan semua bukti terkait pinjol ilegal, seperti percakapan dengan petugas penagih utang, rekaman penagihan, bukti transfer, dan data pribadi kalian. Simpan bukti tersebut dengan rapi dan aman.

BACA JUGA:Jangan Takut, Ini 6 Tips Menghadapi Teror DC Pinjol Ilegal yang Paling Ampuh

3. Laporkan ke Pihak Berwenang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: