7 Cara Efektif agar Pinjol Tidak Bisa Akses Kontak Hp

Sabtu 07-09-2024,11:30 WIB
Reporter : Endang Wulandari
Editor : Rochman Gunawan

Cara agar pinjol tidak bisa akses kontak Hp berikutnya yaitu tentu saja dengan melunasi utang pinjol sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Hal ini karena pinjol biasanya akan menghubungi kontak HP kalian jika terlambat membayar atau bermasalah dengan pinjamanmu. Jika kalian membayar tepat waktu dan sesuai dengan kesepakatan, maka pinjol tidak akan mengganggu. 

BACA JUGA:7 Langkah f agar Pinjol Tidak Bisa Akses Kontak Handphone

5. Pastikan Pinjol Resmi

Pinjol resmi dan terdaftar di OJK memiliki standar operasional yang sesuai dengan peraturan dan etika bisnis. Mereka tidak akan sembarangan mengakses kontak HP nasabah atau melakukan praktik-praktik yang merugikan nasabah.

Untuk mengetahui apakah pinjol yang kalian gunakan resmi dan terdaftar di OJK, bisa melakukan beberapa hal berikut:

  • Cek alamat kantor dan nomor telepon pinjol di situs web resmi OJK
  • Cek ulasan dan testimoni nasabah pinjol di internet atau media sosial
  • Cek logo dan nama pinjol di situs web resmi OJK
  • Cek izin usaha dan nomor registrasi pinjol di situs web resmi OJK.
  • 6. Jangan Berikan Izin Akses Kontak pada Aplikasi Pinjol

    Biasanya, saat pertama kali membuka aplikasi pinjol akan ada permintaan untuk mengizinkan aplikasi tersebut mengakses kontak, lokasi, SMS, telepon, media sosial, internet banking, dan lain-lain. Jika kalian memberikan izin tersebut, maka aplikasi pinjol akan bisa membaca semua data pribadi kalian termasuk kontak HP. Ini juga jadi cara agar pinjol ilegal tidak sebar data. 

    BACA JUGA:4 Cara agar Pinjol Tidak Bisa Akses Kontak dan Data Penting di Hp

    7. Pastikan Kontak HP Tidak Berisi Orang Terdekat

    Pastikan kontak HP kalian tidak berisi orang terdekat seperti keluarga, teman, atau rekan kerja. Hal ini karena jika pinjol berhasil mengakses kontak HP kalian, mereka akan mencari nomor-nomor yang sering dihubungi atau memiliki hubungan dekat. Mereka akan menghubungi nomor tersebut untuk menagih utang atau menyebarkan informasi pribadi.

    Maka sebaiknya menghapus atau menyembunyikan kontak HP yang berisi orang terdekat dari kalian. Bisa menggunakan fitur hapus kontak, blokir kontak, atau menyimpan kontak di tempat lain seperti email, media sosial, atau aplikasi lain yang tidak bisa diakses oleh pinjol. Alternatif lain kalian juga bisa menggunakan fake kontak untuk pinjol.

    Itulah beberapa informasi seputar cara agar pinjol tidak bisa akses kontak HP yang bisa dilakukan dan terapkan dagar data kalian tetap aman dan tidak disalahgunakan. Semoga bermanfaat. 

    Kategori :