7 Cara Efektif agar Pinjol Tidak Bisa Akses Kontak Hp

Sabtu 07-09-2024,11:30 WIB
Reporter : Endang Wulandari
Editor : Rochman Gunawan

DISWAY JATENG.ID - Cara agar pinjol tidak bisa akses kontak HP, mungkin menjadi pertanyaan yang sering menghantui pikiran. Apalagi jika pernah mengalami teror, ancaman, atau pemerasan dari pinjol ilegal yang menghubungi kontak HP kalian.

Hal ini tentu sangat mengganggu dan membuat kalian tidak nyaman. Sebab saat menggunakan pinjaman online biasanya diminta untuk mengunduh aplikasi. Aplikasi pinjol ini memungkinkan untuk mengakses kontak di ponsel. Karena itu, cara agar pinjol tidak bisa akses kontak HP peru kalian ketahui. 

Cara agar pinjol tidak bisa akses kontak HP merupakan solusi tepat yang bisa dilakukan agar terhindar dari risiko kejaran dan kejahatan oleh DC pinjol yang bikin resah. Pasalnya ada beberapa penagih utang yang meneror dan mengancam yang kerap dilakukan melalui kontak di ponsel peminjam. 

Kontak pengguna pinjol yang dapat diakses biasanya akan digunakan untuk mengirim pesan ancaman dan meneror pada kontak yang tersimpan di ponsel. Untuk itu, cara agar pinjol tidak bisa akses kontak HP merupakan solusi efektif yang bisa dicoba. 

BACA JUGA:Bagaimana Cara Agar Pinjol Tidak Bisa Akses Kontak HP? Terapkan 9 Langkah Ini Dijamin Aman

Cara Agar Pinjol Tidak Bisa Akses Kontak HP 

1. Ganti Kartu SIM

Jika pinjol berhasil mengakses kontak HP kalian, mereka akan mencoba menghubungi nomor HP kalian sendiri untuk menagih utang atau mengancam. Jika tidak mau terus menerus diganggu oleh pinjol, maka kalian bisa mengganti kartu SIM dengan nomor baru yang tidak diketahui oleh pinjol.

2. Download Aplikasi Secara Resmi

Aplikasi pinjol palsu atau modifikasi biasanya menawarkan bunga rendah, plafon tinggi, atau syarat mudah untuk menarik nasabah. Namun, aplikasi tersebut sebenarnya berbahaya karena bisa mencuri data pribadi nasabah termasuk kontak HP. Karena itu, sebaiknya kalian mendownload aplikasi pinjol secara resmi dari sumber yang terpercaya seperti Google Play Store, App Store, atau situs web resmi pinjol.

BACA JUGA:7 Tips Ampuh agar Pinjol Ilegal Tidak Bisa Akses Kontak Darurat, Dijamin Aman dan Tak Perlu Takut Diteror

3. Jangan Masukkan Nomor Kontak Darurat Saat Melakukan Verifikasi

Cara agar pinjol tidak bisa akses kontak HP kalian selanjutnya yaitu dengan tidak memasukkan nomor kontak darurat saat melakukan verifikasi. Biasanya, saat mendaftar atau mengajukan pinjaman di aplikasi pinjol, akan ada permintaan untuk memasukkan nomor kontak darurat yang bisa dihubungi jika terjadi masalah dengan pembayaran.

Namun, jika kalian memasukkan nomor kontak darurat pinjol seperti keluarga, teman, atau rekan kerja, maka ada kemungkinan besar bahwa nomor tersebut akan dihubungi oleh pinjol jika terlambat membayar atau bermasalah dengan pinjamanmu.

4. Lunasi Utang Pinjol

Kategori :