Tips Aman Galbay Pinjol Legal agar Terhindar dari DC ke Rumah

Sabtu 07-09-2024,18:00 WIB
Reporter : Endang Wulandari
Editor : Rochman Gunawan

3. Tidak Semua Pinjol ada DC Lapangan

Konsekuensi sebenarnya untuk masalah risiko galbay pinjol legal itu bukan sesuatu yang besar. Apalagi jika kalian tinggal di luar Jabodetabek, tidak semua pinjol ada DC lapangan yang bisa menagih ke rumah kalian.

Sedangkan, untuk yang berada di Jabodetabek ada kemungkinan didatangi tapi itu juga tergantung nominal utangnya dan banyak tidaknya DC lapangan yang pinjol tersebut miliki. Sebab, jika banyak yang galbay dan DC lapangan sedikit maka tidak semua nasabah galbay bisa didatangi ke rumah untuk ditagih. 

BACA JUGA:Tips Galbay Pinjol Legal Resmi OJK, Anti Kunjungan DC Lapangan ke Rumah

Cara Penagihan Pinjol

Melansir dari Hukumonline.com, OJK belum mengatur proses penagihan utang dalam POJK No. 77/POJK.01/2016 tentang Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi.

Namun, secara garis besar OJK memiliki panduan mengenai etika dan cara penagihan utang, yaitu:

  • Dilarang menyebarkan data pribadi terkait proses penagihan utang
  • Tidak menagih ke pihak lain yang bukan berutang
  • Tidak menggunakan ancaman atau mempermalukan nasabah
  • Tidak menggunakan kekerasan fisik maupun verbal dalam penagihan.
  • Selanjutnya dalam proses penagihan ke debitur, debt collector diwajibkan membawa sejumlah dokumen. Dokumen tersebut di antaranya kartu identitas, sertifikat profesi dari lembaga resmi, surat tugas dari perusahaan pembiayaan, dan bukti jaminan fidusia.

    Itulah beberapa informasi seputar tips aman galbay pinjol legal 2024 yang bisa kalian coba dan lakukan dengan tepat untuk menghindari dari berbagai risiko yang merugikan. Semoga bermanfaat. 

    Kategori :