Tips Galbay Pinjol Legal Resmi OJK, Anti Kunjungan DC Lapangan ke Rumah

Tips Galbay Pinjol Legal Resmi OJK, Anti Kunjungan DC Lapangan ke Rumah

Tips galbay pinjol legal resmi OJK--

DISWAY JATENG - Mengalami kesulitan bayar utang pinjol dan khawatir didatangi DC lapangan. Tenang saja, artikel ini akan memberikan beberapa tips galbay pinjol legal resmi OJK agar aman dari kedatangan debt collector.

Nasabah yang galbay kini tidak perlu panik atau kabur jika dikejar-kejar DC lapangan. Tips galbay pinjol legal resmi OJK bisa Anda ikuti dengan mudah, namun bukan berarti nasabah galbay bebas utang.

Anda bisa menerapkan tips galbay pinjol legal resmi OJK sebagai langkah supaya aman dari kejaran debt collector. Beberapa cara yang akan kami berikan efektif untuk menghindari kedatangan penagih.

BACA JUGA:5 Tips Mengatasi Galbay Pinjol Ilegal dan Teror DC Lapangan, Bikin Tenang Nasabah Galbay

Berikut beberapa tips galbay pinjol legal resmi OJK terbaru 2024 yang aman dan efektif menghindari kedatangan DC lapangan. Simak informasi lengkapnya di bawah ini.

 

1. Laporkan ke Pihak Berwajib

Mengatasi jika Anda galbay di pinjol legal pertama, yakni melaporkan ke pihak berwajib. Cara pertama ini bisa dilakukan apabila nasabah mengalami penagihan dengan cara yang tidak wajar.

Penagihan yang dilarang seperti teror, ancaman, dan kekerasan bisa dilaporkan ke pihak terkait. Anda perlu menyiapkan bukti pendukung seperti rekaman suara, video, isi chat, dan lainnya.

BACA JUGA:6 Tips Galbay Pinjol Aman dari DC Lapangan yang Datang ke Rumah

Untuk melaporkan tindakan kekerasan tersebut bisa ke OJK, AFPI, atau Polisi. Berikut beberapa caranya:

  • Otoritas Jasa Keuangan (OJK): Kontak OJK 157, WA (081157157157), email: [email protected] atau email: [email protected].
  • AFPI: https://afpi.or.id/, klik "Laporkan Pengaduan", isi kotak pengaduan meliputi, sertakan bukti, submit report.
  • Polisi: Datangi kanto polisi terdekat. sesampai di kantor polisi, segera cari bagian Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) dan adukan penagihan kasar.

Ketiga cara ini bisa Anda lakukan apabila mendapatkan penagihan kasar. Penting diingat untuk melaporkan kejadian yang tidak mengenakan dari DC, pastikan Anda memiliki bukti yang kuat.

2. Meminta Keringanan

Tips galbay pinjol legal resmi OJK berikutnya, yakni minta keringanan kepada penyedia pinjol. Anda bisa meminta keringanan berupa perpanjang tenor, bunga, dan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: