Disporapar Kabupaten Tegal Gelar Slawi Creative Fun 2024

Kamis 05-09-2024,13:17 WIB
Reporter : Hermas Purwadi
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG.ID, SLAWI - Bertempat di pelataran  Taman Rakyat Slawi Ayu (Trasa). Dinas Porapar Kabupaten Tegal menggelar Slawi Creative Fun 2024.

Kepala Dinas Porapar Kabupaten Tegal Akhmad Uwes Qoroni menyatakan bahwa kontribusi ekonomi kreatif pada perekonomian nasional semakin nyata. Nilai tambah yang dihasilkan ekonomi kreatif juga mengalami peningkatan setiap tahun. Pertumbuhan sektor ekonomi kreatif di tahun 2023 sekitar 5,76 %. Artinya, berada di atas pertumbuhan sektor listrik.

BACA JUGA:Lakukan Pengujian Meter Arus BBM

"Gas dan air bersih, pertambangan dan penggalian, pertanian, peternakan, kehutanan dan perikanan, jasa-jasa dan industri pengolahan," ujarnya. Pemerintah Kabupaten Tegal melalui kerja kolaborasi lintas OPD, yaitu Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata, Dinas Komunikasi dan Informatika, dan Dinas Koperasi UKM Perdagangan. Mencoba hadir untuk memfasilitasi hasrat kreatifitas pelaku seni dan budaya Kabupaten Tegal. Agar bisa saling memberikan kebahagiaan melalui kegiatan  ini. 

"Sesuai rencana Slawi Creative Fun akan diselenggarakan tiap hari Jumat, Sabtu, Minggu malam tiap minggunya hingga bulan Desember 2024," cetusnya.

BACA JUGA:Puluhan Kepala TK di Kota Tegal Ikuti Peningkatan Kapasitas Kompetensi

Menurutnya,  Slawi Creative Fun adalah wadah komunikasi antarpelaku ekonomi kreatif, khususnya seni budaya dalam berekspresi mempromosikan kearifan budaya lokal. Melalui pementasan seni dan budaya, sekaligus mengenalkan potensi wisata serta menggerakkan perekonomian Usaha Mikro Kecil Menengah yang ada di Kabupaten Tegal. 

Sementara itu, Pj bupati Tegal melalui Sekda  Amir Makmud menyatakan, Slawi Creatif Fun atau SCF adalah sebuah inisiatif yang bertujuan untuk mempromosikan potensi kreatif masyarakat Slawi, mulai dari seni, budaya, hingga produk lokal. 

Dengan adanya SCF, pihaknya ingin memberikan ruang bagi para pelaku seni dan kreativitas untuk menunjukkan karya-karya mereka.

BACA JUGA:Tingkatkan SDM Anggota Satlinmas, Luncurkan Bilik Jambon

"Sekaligus menarik minat wisatawan untuk datang dan menikmati keindahan serta keunikan Slawi," ungkapnya.  Pihaknya  mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam acara ini. Mari dukung para pelaku usaha lokal, seniman, dan kreator agar dapat terus berkarya dan berinovasi. Dengan kolaborasi dan sinergi yang baik. "Saya yakin kita dapat menjadikan Slawi sebagai pusat kreativitas yang diakui secara nasional," tegasnya. (adv)

Kategori :