Libatkan Akademisi, Adakan Kirab Sedekah Bumi

Selasa 03-09-2024,11:00 WIB
Reporter : Meiwan Dani Ristanto
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG.ID, TEGAL - Kelurahan Kalinyamat Kulon, Kecamatan Margadana, Kota Tegal mengadakan kirab budaya sedekah bumi dengan melibatkan unsur akademisi dari KKN Alma Ata Yogyakarta dan sekolah di wilayah kelurahan. 

"Baru pertama kali diadakan di Kalinyamat Kulon, momentum yang luar biasa. Bahkan ada gunungan buah, sayuran dan makanan, terima kasih kepada semua yang telah membantu," kata Ketua LPMK Kalinyamat Kulon Vidya Dwi Anggoro.

BACA JUGA:3 Bakal Paslon Wali Kota Tegal Jalani Tes Kesehatan

Sedekah bumi tersebut diadakan selama dua hari, untuk hari pertama Sabtu 31 Agustus 2024 diadakan rasulan, tahlil dan khataman Alquran. Sedangkan untuk Minggu 1 September 2024 dilakukan kirab budaya dan sedekah bumi dengan pementasan wayang. Semua itu dilakukan untuk mendoakan para tokoh pelaku sejarah dan mendapatkan keberkahan.

"Kirab budaya sedekah bumi tersebut diikuti ribuan peserta warga Kalinyamat Kulon dan akademisi dari KKN Alma Ata Yogyakarta dan sekolah," ujar Lurah Kalinyamat Kulon Arinto.

BACA JUGA:Disperintransnaker Kabupaten Tegal Terima Audiensi FSPMI Provinsi Jawa Tengah

Arinto mengungkapkan kirab budaya dan sedekah bumi itu merupakan perwujudan atas limpahan nikmat yang telah diberikan. Sehingga dipanjatkan doa agar selalu diberikan kesehatan. Dan warganya gutub rukun terhindar dari bencana.

"Sedekah bumi merupakan sarana untuk memanjatkan doa agar selalu diberikan kesehatan dan terhindar dari bencana. Warga kami agar selalu guyub rukun," pungkasnya.

Kategori :