4 Cara Melindungi Kontak Hp dari Pinjol Ilegal

Sabtu 31-08-2024,19:45 WIB
Reporter : Alisa Septiana Zulfa
Editor : Rochman Gunawan

DISWAY JATENG.ID - Ada beberapa cara efektif melindungi kontak di Hp dari pinjaman onlne ilegal. Pinjaman online, yang sering disebut pinjol, menjadi pilihan banyak orang ketika membutuhkan dana mendesak. Hal ini disebabkan oleh syarat-syarat yang biasanya mudah dipenuhi, sehingga dana dapat segera dicairkan.

Kepopuleran pinjol ini juga menyebabkan munculnya banyak pinjol yang tidak resmi dan tidak terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK), yang seharusnya menjadi perhatian serius. Oleh karena itu, ketahui cara efektif melindungi kontak di Hp dari pinjaman online illegal.

Cara efektif melindungi kontak di Hp dari pinjaman onlne ilegal. Pinjol yang tidak resmi ini dikenal dengan cara penagihan yang sangat agresif terhadap nasabah yang mengalami kesulitan dalam membayar. Para penagih utang dari pinjol ilegal ini tidak hanya akan menghubungi kamu, tetapi juga akan menghubungi semua kontak yang ada di ponselmu.

Mereka akan menelepon setiap nomor yang terdaftar di Smartphone kamu, bukan hanya kontak darurat saja. Jika situasi ini terjadi, kamu tidak hanya akan menghadapi masalah cicilan, tetapi juga hubunganmu dengan orang-orang yang ada di daftar kontak ponselmu bisa terganggu. Mari simak artikel cara efektif melindungi kontak di Hp dari Pinjaman Onlne illegal dan baca sampai selesai ya!

BACA JUGA:8 Pinjol Legal Langsung Cair, Aman dan Terdaftar OJK

Lantas, bagaimana cara melindungi kontak di Hp dari pinjaman online ilegal? Berikut adalah beberapa cara yang dapat membantu kamu menjaga data pribadi dari penyalahgunaan pinjol.

1. Hindari Meminjam di Pinjol yang Tidak Resmi

Hal lain yang perlu kamu perhatikan adalah aplikasi yang kamu pilih untuk meminjam uang. Pastikan untuk tidak meminjam uang di pinjol yang tidak resmi, kamu bisa memeriksanya di daftar pinjol yang terdaftar di OJK.

Pinjol yang resmi umumnya lebih menjaga kerahasiaan informasi pribadi nasabah dan menawarkan suku bunga yang lebih rendah. Sebaliknya, pinjol ilegal cenderung menyalahgunakan data kontak yang ada di ponselmu.

2. Perhatikan Syarat dan Ketentuan

Transaksi pinjaman uang adalah aktivitas yang memerlukan kehati-hatian. Ini juga mencakup syarat dan ketentuan yang berlaku.

Oleh karena itu, penting untuk membaca dan memahami semua persyaratan yang ditetapkan. Jangan mudah terpengaruh oleh tawaran yang tampak menguntungkan.

Periksa dengan teliti apakah ada syarat yang tidak wajar. Jika kamu menemukan ketentuan yang tidak biasa atau tawaran yang terlalu menggiurkan, sebaiknya batalkan transaksi tersebut.

BACA JUGA:5 Pinjol Syariah Cepat Cair, Aman Tanpa Riba

3. Verifikasi Keberadaan Fintech Tersebut

Kategori :