438 Siswa SMK Muhammadiyah 1 Kota Tegal Ikuti Pemeriksaan Kesehatan

Sabtu 31-08-2024,09:45 WIB
Reporter : K Anam Syahmadani
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG.ID, TEGAL - 438 siswa Kelas X SMK Muhammadiyah 1 (Mutu) Kota Tegal mengikuti Medical Check Up atau Pemeriksaan Kesehatan dan Cek HIV/AIDS. Yang diadakan SMK Mutu bekerja sama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tegal melalui Puskesmas Slerok. Pemeriksaan Kesehatan diadakan di Aula SMK Mutu, Jalan Perintis Kemerdekaan. 

Kepala SMK Mutu Moch Ali Makmuri SE MM melalui Pembina PMR dan UKS Suvit Mulyana SPdGr mengatakan, Pemeriksaan Kesehatan merupakan kegiatan rutin yang diadakan SMK Mutu. Tujuannya, untuk mendeteksi secara dini risiko penyakit tidak menular. SMK Mutu ingin memastikan seluruh siswanya sehat. 

“Sehingga siswa bisa mengikuti pembelajaran secara maksimal,” kata Suvit.

BACA JUGA:Kompos Limbah Daun Bawang Merah Minimalisir Pupuk Kimia dan Optimalkan Produksi Bawang Merah

Sejumlah tenaga medis Puskesmas Slerok diterjunkan untuk memeriksa kondisi kesehatan siswa SMK Mutu. Pemeriksaan yang dilakukan seperti pengecekan diabetes, hipertensi, jantung, stroke, asma, kanker, kolesterol, benjolan payudara, serta faktor risiko perilaku kurang aktivitas fisik, pola makan, dan perilaku lainnya.

Terpisah, Kepala Puskesmas Slerok dr Emy Haryanti menyampaikan, untuk menjadi pintar, siswa harus menjaga kesehatan, mulai dari mengatur pola makan. Orang tua bisa menyediakan sendiri makanan dengan gizi seimbang. Selain itu, siswa perlu tidur teratur. “Setelah belajar langsung tidur, jangan kebanyakan bermain handphone,” ujar dr Emy.

BACA JUGA:Pilbup Tegal, PDIP Melawan 11 Parpol

Disampaikan, Pemeriksaan Kesehatan ini penting untuk meningkatkan kualitas anak sekolah yang sehat. Selain itu, dr Emy berpesan kepada sekolah untuk memberikan edukasi kebersihan diri dan menyediakan lingkungan sekolah yang sehat. “Dengan pola perilaku yang baik, siswa akan sehat dan dapat belajar lebih baik,” imbuh dr Emy.

Kategori :