6 Tips Bijak Menggunakan Pinjaman Online dengan Benar

Rabu 28-08-2024,17:30 WIB
Reporter : Endang Wulandari
Editor : Rochman Gunawan

DISWAY JATENG.ID - Tips bijak menggunakan pinjol alias pinjaman online dapat dilakukan bagi para nasabah lama maupun baru. Hal ini penting untuk dilakukan supaya tidak sampai terjerat ke lilitan utang yang berkepanjangan.

Di era digital saat ini, pinjaman online atau pinjol telah menjadi alternatif populer bagi mereka yang membutuhkan dana secara cepat dengan proses yang mudah. Namun, bagi para pengguna harus memahami tips bijak menggunakan pinjaman online tersebut.

Sayangnya, banyak masyarakat menggunakan produk pinjol tanpa memiliki pemahaman dengan baik sebelumnya mengenai produk tersebut, sehingga tidak sedikit yang tersandung berbagai kasus. Padahal, jika menggunakan aplikasi pinjol dengan baik dan benar akan memberi manfaat yang begitu besar bagi calon konsumen. Untuk itu, perlu ketahui tips bijak menggunakan pinjol dengan benar. 

Dibawah ini ada beberapa panduan komprehensif untuk memanfaatkan pinjaman online secara efektif demi meningkatkan kesehatan keuangan kalian. Maka dari itu simak beberapa tips bijak menggunakan pinjol dengan benar berikut ini yang dikutip dari Kompas.id. 

BACA JUGA:10 Tips Menggunakan Pinjol Agar Tidak Terjerat Utang dan Gagal Bayar

Tips Bijak Menggunakan Pinjol dengan Benar 

1. Pilih Bunga Terendah

Penyelenggara pinjol berlomba-lomba menawarkan suku bunga yang kompetitif. Hal ini tentu saja bisa dimanfaatkan dengan melakukan komparasi antara aplikasi satu dengan yang lainnya untuk mendapatkan bunga yang paling rendah.

2. Cek Legalitas Penyelenggara

Tips bijak menggunakan pinjol berikutnya yaitu dengan mengecek poin ini sebelum mengajukan pinjol. Pilihlah aplikasi perusahaan penyelenggara pinjol yang sudah terdaftar dan mendapatkan izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Hal ini penting untuk memastikan bahwa perusahaan tersebut telah patuh dan beroperasi sesuai ketentuan yang berlaku sehingga menghindarkan konsumen dari praktik yang tidak benar.

Untuk mengetahui daftar perusahaan yang resmi terdaftar dan berizin OJK, kalian bisa mengeceknya melalui website www.ojk.go.id atau bisa menghubungi kontak OJK 157.

3. Pertimbangkan Kemampuan Bayar

Tips bijak menggunakan pinjol berikutnya yaitu dengan mempertimbangkan kemampuan bayar, sebagaimana saran dari para perencana keuangan, batas aman pembayaran utang yaitu sebesar 30% dari total pendapatan. Hal ini juga berlaku untuk pengajuan pinjaman online.

BACA JUGA:7 Tips Aman Menggunakan Pinjol yang Jarang Diketahui

Kategori :