Terjebak Pinjol Ilegal, Apa yang Harus Dilakukan?

Senin 26-08-2024,08:30 WIB
Reporter : Alisa Septiana Zulfa
Editor : Rochman Gunawan

DISWAY JATENG.ID - Terjebak dalam pinjol ilegal, apa yang harus dilakukan? Meskipun banyak kasus pinjol ilegal yang telah merugikan banyak orang, hingga saat ini masih banyak individu yang terperangkap dalam situasi ini.

Pinjol ilegal sering kali menawarkan pinjaman melalui pesan singkat di SMS dan WhatsApp. Ini jelas melanggar aturan yang telah ditetapkan untuk platform fintech, yang juga telah disampaikan oleh OJK. Namun jika terjebak dalam pinjol ilegal, apa yang harus dilakukan?

BACA JUGA:4 Cara Menghindari Galbay Pinjol

Namun, meskipun sudah ada peringatan, korban tetap saja bertambah. Hal ini mungkin disebabkan oleh tawaran yang sangat menarik atau karena calon korban berada dalam keadaan mendesak dan membutuhkan dana dengan cepat, sehingga mereka akhirnya mengajukan pinjaman. Jika Terjebak dalam pinjol ilegal, apa yang harus dilakukan?

Sangat disayangkan, pinjol ilegal tidak hanya mengenakan bunga harian yang sangat tinggi, tetapi juga sering kali melakukan penagihan dengan cara yang tidak etis dan mengintimidasi. Mari simak artikel mengenai pertanyaan jika terjebak dalam pinjol ilegal, apa yang harus dilakukan?

Meskipun banyak saran untuk menghindari pinjol ilegal, jika Anda sudah terlanjur terjebak, apa yang sebaiknya dilakukan? Beberapa langkah yang perlu diambil jika terjebak pinjol ilegal.

1. Ajukan permohonan keringanan

Jika melunasi pinjaman terasa terlalu berat, Anda bisa mencoba bernegosiasi dengan pemberi pinjaman. Anda dapat meminta keringanan, seperti perpanjangan tenor, pelunasan pokok terlebih dahulu dan bunga belakangan, serta bentuk dispensasi lainnya.

2. Hindari meminjam untuk membayar utang lain

Jangan meminjam uang untuk menutupi utang yang ada. Dengan kata lain, hindari praktik gali lubang tutup lubang. Meminjam dari pinjol ilegal hanya akan memperburuk situasi Anda, karena utang baru yang Anda ambil akan semakin menambah beban.

Jangan menciptakan utang baru selama Anda masih kesulitan untuk melunasi utang yang sebelumnya. Ini adalah kesalahan umum yang sering dilakukan oleh banyak korban pinjol ilegal.

BACA JUGA:6 Pinjol Legal yang Ada DC Lapangan, Limit hingga Rp80 Juta

3. Tindakan yang Harus Diambil  

Apabila Anda sudah terjebak dalam pinjaman online ilegal yang mengintimidasi, bahkan setelah pelunasan pinjaman, berikut langkah-langkah yang perlu segera diambil:

Pertama, blokir nomor yang menghubungi Anda. Simpan semua bukti pembayaran yang telah dilakukan dan laporkan kepada pihak berwenang, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.

Kategori :