Kecamatan Comal Kabupaten Pemalang Luncurkan Klinik BUMDes

Jumat 23-08-2024,10:00 WIB
Reporter : M Ridwan
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG.ID, PEMALANG - Banyaknya permintaan pendampingan, penyuluhan hingga pelatihan untuk para pengurus Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Pemerintah Kecamatan Comal meluncurkan program Klinik BUMDes di pendapa kecamatan setempat. Harapannya, program tersebut mampu mendongkrak eksistensi BUMDes di masing-masing desa, terutama menunjang perekonomian masyarakat.

Sekretaris Kecamatan Comal Trimanto menuturkan, kehadiran program baru tersebut menjadi langkah untuk meningkatkan kapasitas para pengelola atau pengurus BUMDes. Kata klinik merupakan akronim dari konsultasi, investasi dan tilik.

BACA JUGA:Bikin Bangga! Progres Peningkatan Jalan di Kabupaten Tegal

“Kami ingin masing-masing desa bisa mandiri melalui BUMDes mereka sehingga perlu adanya peningkatan kualitas para pengelola. Maka dibentuklah program Klinik BUMDes,” jelasnya.

Trimanto menyampaikan, pada pelaksanaannya, pihaknya akan melakukan pelayanan kepada para pengelola BUMDes dari layanan konsultasi. Meliputi konsultasi kelembagaan, manajemen, organisasi, administrasi dan pelaporan keuangan.

"Kami menilik beberapa desa belum memiliki pengelola BUMDes yang maksimal, maka perlu dilakukan kajian dan konsultasi,” bebernya.

BACA JUGA:Disporapar segera Adakan Popda Kabupaten Tegal

Selanjutnya, ada investigasi, layanan ini dimaksudkan untuk kegiatan diskusi dan tukar pendapat. Dengan melihat masing-masing potensi di desa kegiatan tersebut perlu dilakukan, terutama mengukur kesiapan SDM dalam pelaksanaan program BUMDes.

Terakhir, yaitu tilik, maksudnya adalah petugas Klinik secara berkala berkunjung ke seluruh BUMDes mengecek persiapan, pelaksanaan dan evaluasi program. Klinik BUMDes hadir untuk membantu seluruh pelaksanaan program di sana. 

Kategori :