Simak Alasan Mengapa Skor Kredit SLIK Buruk

Kamis 22-08-2024,08:30 WIB
Reporter : Dian Doris Nawang Wulan
Editor : Rochman Gunawan

DISWAY JATENG.ID – Apakah anda tahu apa saja penyebab skor kredit  SLIK buruk? Yuk simak ulasannya dibawah ini.

Memiliki skor kredit SLIK buruk tentunya akan menghambat pengajuan pinjaman anda di suatu layanan keuangan, karena suatu platform akan melakukan pengecekan riwayat kredit calon debitur terlebih dahulu.

Oleh sebab itu sangat penting untuk anda mengetahui penyebab skor kredit SLIK buruk, hal ini untuk meminiminalisir anda memiliki riwayat kredit yang tidak baik.

Nah berikut ini akan kami ulas secara lengkap mengenai penyebab skor kredit SLIK buruk, yuk simak ulasannya dibawah ini.

BACA JUGA:8 Tips Pemutihan Data di SLIK OJK, Solusi Mendapatkan Pinjaman Kembali

Penyebab Skor Kredit SLIK Buruk :

1. Tunggakan Pembayaran

Telat Bayar Cicilan: Baik itu cicilan kartu kredit, KPR, atau pinjaman lainnya, keterlambatan pembayaran bahkan sekali saja dapat berdampak negatif pada Anda.

Tidak Membayar Sama Sekali: Jika Anda menunggak pembayaran dalam jangka waktu yang lama, hal ini akan sangat merusak riwayat kredit Anda.

2. Penggunaan Kredit yang Berlebihan

Memiliki Banyak Kartu Kredit: Memiliki terlalu banyak kartu kredit dan sering menggunakannya hingga mendekati limit dapat memberikan sinyal negatif kepada lembaga keuangan bahwa Anda memiliki kesulitan mengelola utang.

Membuka Banyak Akun Kredit dalam Waktu Singkat: Membuka terlalu banyak akun kredit dalam waktu singkat juga dapat menurunkan riwayat kredit Anda, karena dianggap sebagai tanda bahwa Anda sedang mencari pinjaman dalam jumlah besar.

3. Riwayat Kredit Negatif

Kredit Macet: Jika Anda pernah mengalami kredit macet, informasi ini akan tercatat dalam SLIK dan dapat menurunkan riwayat kredit Anda secara signifikan.

Penagihan: Tindakan penagihan dari lembaga keuangan juga dapat berdampak negatif pada riwayat kredit Anda.

Kategori :