Luncurkan e- SitePlan melalui Aplikasi Sicantik.

Rabu 21-08-2024,13:45 WIB
Reporter : Hermas Purwadi
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG.ID, SLAWI - Pemkab Tegal melalui Dinas Perkim sesuai rencana akan meluncurkan apilasi  e-SitePlan lewat  platform SiCantik. Inisiatif ini bertujuan untuk memodernisasi perencanaan perumahan di Kabupaten Tegal agar lebih efisien dan terintegrasi dengan teknologi terkini.

Kepala Dinas Perkim Kabupaten Tegal Jaenal Dasmin menyatakan, aplikasi e-SitePlan adalah alat digital terbaru yang akan diperkenalkan kepada masyarakat dan pemangku kepentingan di Kabupaten Tegal. Melalui platform SiCantik, yang sebelumnya dikenal sebagai aplikasi unggulan untuk layanan administrasi dan pelayanan publik.

BACA JUGA:Meriahkan HUT RI, Adakan Lomba Menghias Kelas

"Pemerintah berharap dapat mempermudah proses perencanaan pembangunan perumahan," ujarnya, Rabu (21/8/2024).

Menurutnya, peluncuran e-SitePlan adalah langkah besar dalam upaya untuk meningkatkan efisiensi dan transparansi dalam pelayanan pengajuan siteplan. Aplikasi dirancang untuk mempermudah proses pengajuan siteplan bagi para pengembang. Sehingga mempermudah birokrasi dan mempercepat waktu pelayanan.

Pihaknya berkomitmen untuk menghadirkan inovasi untuk  mempermudah pekerjaan dan memfasilitasi akses informasi yang lebih baik bagi masyarakat dan pelaku usaha. Pemerintah Kabupaten Tegal berencana mengadakan acara launching dan sosialisasi sebagai bagian dari acara peringatan Hari Perumahan Nasional  Yang akan dilaksanakan pada tanggal 22 Agustus 2024 di Hotel Grand Dian Guci.

BACA JUGA:5 Desa di Kabupaten Tegal Susun Raperdes Tentang Sumber Mata Air

Acara ini akan mencakup demo penggunaan aplikasi e-SitePlan, sesi tanya jawab serta presentasi mengenai manfaat dan tujuan aplikasi, penyerahan piagam penghargaan kepada para pengembang. Yang telah menyerahkan 38 PSU perumahan kepada Pemerintah Daerah serta penyerahan bibit tanaman secara simbolis kepada pondok pesantren.

“Dengan peluncuran ini, kami berharap dapat memberikan kemudahan dan meningkatkan efisiensi dalam proses perencanaan pembangunan dan pengembangan perumahan di Kabupaten Tegal ini “ tegasnya.

Pihaknya juga ingin mengajak seluruh masyarakat dan pelaku usaha untuk memanfaatkan teknologi ini seoptimal mungkin. Inovasi ini diharapkan dapat mendorong pertumbuhan sektor perumahan dan kawasan permukiman yang lebih terencana dan berkelanjutan, serta memberikan kemudahan bagi para investor dan pengembang dalam melaksanakan proyek-proyek mereka. 

BACA JUGA:Rumah Pemenang Emas Mansur-Bobby di Kabupaten Pemalang Diresmikan

Untuk informasi lebih lanjut mengenai peluncuran dan cara mengakses aplikasi e-SitePlan melalui SiCantik, masyarakat dapat menghubungi hotline khusus e-Siteplan melalui atau mengunjungi situs resmi Dinas Perkim Kabupaten Tegal di https://disperkim.tegalkab.go.id. 

"Serta mengikuti akun media sosial resmi Dinas Perkim Kabupaten Tegal," pungkasnya. (adv)

Kategori :